3 Cara Mudah Mengolah Buntut Sapi Lezat dan Empuk

program turun berat badan

Di Indonesia, beberapa orang bukan sekedar melahap sapi sisi dagingnya saja. Satu diantara sisi sapi yg benar-benar favorite untuk disantap yaitu buntut. Dahulu, saya pernah ogah menyantapnya sebab geli. Tetapi nyata-nyatanya, rasa buntut enak sekali, lho. Hampir sama dengan daging, bahkan juga lebih gurih. Saya juga saat ini senang sekali melahap buntut sapi.

Sama dengan daging, buntut sapi bisa pula diproses dengan beberapa teknik. Yg paling digemari banyak orang memang sop buntut. Tetapi, terdapat banyak teknik lain yg simpel untuk memproduksi buntut sapi berubah menjadi lezat.

1. Pemrosesan rebus

Untuk memproduksi buntut sapi melalui langkah di rebus, pertama anda harus bersihkan buntut sapi lebih dahulu. Buntut sapi dibikin bersih ini punya tujuan untuk hilangkan lemak-lemak yg berlebihan. Teknik bersihkan buntut sapi cukup simpel. Gosok-gosok perlahan-lahan buntut sapi dibawah air mengalir. Setelah itu, membersihkan lemak yg masih ketinggalan memanfaatkan pisau.

Buntut sapi yg telah bersih, siap untuk di rebus. Buntut butuh di rebus sekitar 2 kali, yg pertama untuk hilangkan berbau prengus serta yg ke-2 untuk diproses. Rebusan yg pertama, buntut dimasukkan ke air mendidih berisi daun salam serta jahe. Rebus saat 15 menit serta buang air rebusannya. Lalu, didihkan kembali air yg baru, masukan buntut, serta masak bersama dengan bumbu-bumbu sesuai dengan resep sampai empuk.

Memproduksi buntut sapi melalui langkah di rebus memang paling gampang serta digemari banyak orang. Dengan merebusnya, buntut sapi dapat anda olah berubah menjadi sop serta pindang. Mau bikin sop buntut, bumbu dasarnya sama juga dengan sop ayam serta sop daging. Yg bikin beda yaitu penambahan pala, cengkeh, serta kayu manis, hingga aromanya harum sekali.

2. Pemrosesan goreng

Buntut sapi yg akan diproses dengan digoreng, pasti butuh untuk dibikin bersih juga. Teknik membersihkannya sama juga dengan yg akan di rebus: dibawah air mengalir serta buang lemak ketinggalan memanfaatkan pisau. Seusai bersih, buntut di rebus lebih dulu sampai empuk. Imbuhkan jahe serta daun salam dalam rebusannya untuk menunjang hilangkan berbau prengus.

Bila pingin bikin buntut sapi goreng berasa lebih lezat, anda dapat mengungkepnya bersama dengan bumbu serta rempah lebih dahulu. Jadi, seusai di rebus untuk hilangkan berbau, buang airnya serta rebus kembali bersama dengan air baru dan bumbu ungkep. Rebus sampai air meresap serta buntut empuk, lalu goreng sesaat dalam minyak panas.

Buntut yg telah digoreng ini langsung bisa anda santap dengan nasi hangat serta sambal, jadikan bersama dengan sop sayur, atau lalapan seperti penyetan pun gak kalah enak!

3. Pemrosesan bakar

Sama dengan memproduksi melalui langkah digoreng, buntut sapi yg akan dibakar juga semestinya di rebus dahulu agar empuk. Buntut di rebus di air mendidih, setelah itu imbuhkan jahe serta daun salam agar berbau prengusnya tidak ketinggalan. Rebus sampai empuk, angkat, serta tiriskan dari kuahnya.

Seusai cukup dingin, rendam buntut sapi di bumbu-bumbu sesuai dengan resep. Rata-rata, untuk buntut bakar, bumbu rendamannya terbuat dari bawang putih serta bawang merah yg dihaluskan, kecap manis, saus tiram, serta lada. Rendam buntut saat 10-15 menit.

Buntut sapi dapat anda bakar di atas api langsung atau di atas kompor memanfaatkan wajan anti lengket. Saat di bakar, poleskan tersisa bumbu rendaman yg udah ditambah lagi margarin ke atas buntut sapi. Bakar sampai ke-2 sisinya masak. Buntut sapi bakar ini biasa disantap dengan pendamping sop sayur. Tetapi, bila anda menyantapnya langsung dengan nasi hangat juga rasa manisnya konsisten berasa lezat.

Untuk memproduksi buntut sapi berubah menjadi sajian lezat, yg butuh anda simak yaitu buntut tidak bisa memiliki bau prengus serta harus empuk. Sebab itu, buntut sapi butuh dibikin bersih serta di rebus dahulu dengan jahe serta daun salam. Seterusnya, anda bebas deh mengolahnya dengan di rebus, digoreng, atau dibakar. Selamat coba!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *