4 Cara Jitu Membedakan Madu Murni dan Madu Campuran

program turun berat badan

Di dalam rumah saya, madu tetap siap ada. Madu itu bukan cuma diminum untuk menaikkan ketahanan badan saja. Tapi juga dicampurkan ke pelbagai minuman dan masakan jadi pemanis alami serta sehat.

Sayangnya, waktu ini madu yg tersebar di bursa pasaran udah susah ditanggung kemurniannya. Bahkan juga, yg menuliskan merk “100% murni” saja, bisa saja ikut mengkombinasikan madu dengan pelbagai bahan penambahan, seperti air serta gula. Agar tidak tidak untung serta terus menerus memakai madu kombinasi, anda butuh mengetes kemurnian madu yg sudah anda beli.

1. Madu murni lebih keruh dari madu kombinasi

Dari penampakan luarnya, madu murni sebetulnya tidaklah terlalu susah untuk dibedakan dengan madu kombinasi. Umumnya, madu murni punyai warna yg lebih keruh. Masalah ini disebabkan madu murni amat pekat serta banyak sisa-sisa serbuk sari atau sarang lebah yg tidak tersaring. Disamping itu, madu dengan warnanya lebih jernih serta menarik malah merupakan madu yg sudah di campur air serta gula.

2. Masukan ke gelas berisi air

Salah satunya metode mengetes kemurnian madu yg cukup efisien yakni dengan uji air. Madu sejumlah 1 sendok makan dimasukkan ke satu gelas air, setelah itu lihat reaksinya. Apabila madu terpisah dari air seperti minyak, jadi madu itu merupakan madu murni. Sesaat apabila madu langsung larut pada air, jadi madu itu tidak murni sebab punyai kandungan air.

3. Mengambil 1 sendok madu serta letakkan di freezer

Metode lain untuk lihat apa madu yg anda punyai itu murni atau mungkin tidak yakni dengan uji beku. Metodenya, cukup mengambil 1 sendok makan madu serta letakkan di freezer. Nantikan seputar 20-30 menit untuk membebaskan madu bereaksi. Kalaupun madu yg terdapat di sendok jadi membeku, pertanda madu itu tidak murni. Sebab wajarnya, madu murni tak kan membeku apabila di tempatkan dalam freezer.

Walaupun tak kan membeku, namun baiknya jangan menyimpan madu murni di kulkas, ya. Dalam suhu yg dingin, madu bakal alami proses pengkristalan sebab punyai kandungan dextrosa. Mengkristalnya madu ini tidak menyebabkan kerusakan serta madu konsisten dapat dikonsumsi. Tetapi, teksturnya berubah menjadi kasar serta susah untuk disediakan. Jadi, madu murni cukup disimpan di suhu area saja.

4. Tuang 2 sampai 3 tetes madu pada kertas

Madu yg murni tidak punyai kandungan air sekalipun. Jadi, salah satunya metode memeriksa kemurnian madu merupakan lihat kandungan airnya. Anda dapat memakai kertas yg dapat menyerap air jadi alat bantunya.

Tuang seputar 2-3 tetes atau ½ sendok teh madu ke atas kertas. Biarlah sepanjang 2 menit, setelah itu lihat hasilnya. Apabila madu konsisten pada mempunyai bentuk serta tidak ada yg terserap oleh kertas, jadi punya arti madu itu adalah madu murni. Sebaliknya, apabila madu terserap serta kertas berubah menjadi basah bahkan juga berlubang, pertanda madu itu tidak murni.

Efek jelek dari madu kombinasi memang tidak langsung dirasakan Namun kandungan gulanya yg lebih beberapa dari madu murni bakal membuat kurang baik untuk kesehatan badan. Ditambah lagi kalaupun dikonsumsi dalam periode panjang.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *