4 Cara Memilih Cempedak yang Matang dan Berkualitas Bagus

Bulan Februari-Maret memang bulannya cempedak. Tidaklah mengherankan jika pergi ke pasar, buah yg menyerupai sekali dengan nangka ini berceceran dimana-mana. Sesungguhnya, saya sendiri beberapa terakhir ini saja tahu mengenai cempedak. Itu juga sebab temani ibu saya membelinya di pasar.

Sebab kulitnya yg tebal serta berduri, tentu cukup sukar buat kita jelas mana cempedak yg udah masak serta mana yg belum. Banyak yg menyebutkan, meskipun kita mencium aromanya, bukan agunan jika buah cempedak udah masak. Anda diperlukan kejelian pribadi untuk menyaksikan sinyal tanda kematangan buah cempedak ini.

1. Pilih cempedak yg kulitnya mulus

Pilih buah cempedak yg bagus serta masak dapat diilihat dari mulai keadaan fisiknya. Putuskan buah cempedak yg kulitnya mulus, tanpa adanya lubang atau bercak-bercak hitam. Soalnya, lubang serta bercak hitam itu riskan jadi sarang lalat.

2. Cempedak yg masak berwarna menguasai kuning

Selanjutnya, lihat warna kulitnya. Cempedak masak punyai warna kuning yg lebih menguasai. Jika cempedak yg dipasarkan ada banyak warna hijaunya, jangan diseleksi sebab di dalamnya belum begitu masak. Tidak hanya warna kulitnya, lihat pun warna dari batang yg masih melekat. Putuskan cempedak yg batangnya udah berwarna coklat, sebab punya arti cempedak itu udah masak secara baik.

3. Sentuh permukaan kulit cempedak

Seusai disaksikan keadaan fisiknya, anda dapat sentuh permukaan kulit cempedak untuk pilih buah yg paling baik. Pertama, sentuh duri dari cempedak. Jika duri dirasakan tumpul serta melebar, jadi punya arti buah cempedak itu udah masak.

Ke dua, tekan permukaan kulit cempedak dengan perlahan-lahan. Cempedak yg udah masak, kulitnya dapat merasa empuk kala didesak.

4. Cek aromanya

Tidak ingin kalah dengan nangka serta durian, cempedak juga punyai aroma yg cukup ciri khas. Bahkan juga, dari sebelum buahnya dibuka lantas aromanya bisa tercium serta cukup menusuk. Nah, aroma ini dapat jadi salah satunya metode buat anda pilih buah cempedak yg udah masak.

Memang, cempedak yg masih 1/2 masak juga keluarkan aroma. Perbedaannya, cempedak yg serius masak, aromanya amat menusuk. Menyerupai menyengatnya aroma durian. Jadi, jika masih harum yg biasa saja, jangan diseleksi, ya.

Buah cempedak yg udah masak langsung dapat anda santap atau diproses jadi beragam santapan. Dari mulai kue bolu, digoreng tepung, atau kue bingka. Kulit sisi dalam dari cempedak juga dapat dikonsumsi, lho. Difermentasi dahulu, selanjutnya dapat ditumis serta disantap berbarengan nasi hangat.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *