4 Cara Mengulek Sambal dan Bumbu dengan Mudah

program turun berat badan

Saya yakni pengagum sambal yang diulek. Karena menurut saya, sambal yang dihaluskan secara diblender itu rasa-rasanya kurang enak serta aromanya kurang keluar. Sama seperti dengan bumbu halus untuk masakan. Saya terus pilih bumbu halus yang diulek. Walaupun harus tambahan usaha, namun dapat terbayar kok dengan hasil masakan yang lebih enak.

Bila anda masih berpikir jika mengulek itu buat tangan pegal serta hasil yang tidak pas angan-angan. Mungkin ada yang salah secara mengulek anda sejauh ini. Kalau langkah serta tekniknya benar, mengulek dapat bertambah simpel, lho.

1. Potong-potong bahan terlebih dulu

Seringkali orang mengulek beberapa bahan sambal serta bumbu dengan utuh. Saya juga dahulu demikian. Langkah barusan tidak salah. Tetapi, condong lebih mempersulit anda untuk mengulek serta hasil ulekannya juga kasar tidak memiliki aturan.

Untuk membuahkan sambal serta bumbu yang halus, potonglah beberapa bahan terlebih dulu. Tidak usah sangat kecil. Contohnya, cabai merah dapat dibagi jadi 4 atau bawang merah serta bawang putih di iris tipis dahulu. Ini dapat membantu anda pada menguleknya, bahan tak kan lompat-lompat keluar cobek, serta hasil ulekannya lebih halus.

2. Ulek bahan satu demi satu dimulai dari yang memiliki tekstur keras

Sesudah semua bahan dipotong, jangan langsung menyimpan seluruhnya di atas cobek serta diulek berbarengan. Cobek dapat penuh serta bertambah mempersulit untuk menguleknya.

Masukan serta ulek bahan satu demi satu mulai dari yang teksturnya paling keras. Mau membuat sambal, anda mulai dapat dari mengulek cabai. Dan untuk bumbu, dapat mulai dengan mengulek kemiri, jahe, ketumbar, atau merica butir yang teksturnya cukup keras. Seterusnya, diteruskan dengan mengulek bahan yang bertambah gampang. Seperti bawang putih, bawang merah, atau tomat.

3. Jangan lupakan garam

Tidak semata-mata memberikannya rasa asin, garam nyatanya lebih membantu anda kala mengulek. Garam miliki struktur yang lebih kasar berbahan serta bumbu, dan menopang kandungan air keluar berbahan. Sampai-sampai beberapa bahan semakin lebih simpel lumat kala diulek.

Pakai garam dikit saja, sesuai sama kepentingan agar rasa yang dibuat tidaklah terlalu asin. Yang penting, jangan lupakan pemakaiannya kala mengulek.

4. Ulek dengan pergerakan menggerus atau melindas

Mengulek kerapkali disalahartikan jadi menumbuk. Maka dari itu, banyak orang-orang yang mengulek sambal atau bumbu secara menumbuk-numbuk bahan-bahannya saja. Wajar bila hasil sambal atau bumbunya kasar. Belumlah juga, beberapa bahan di cobek dapat simpel ‘loncat’ bila ditumbuk.

Mengulek yang benar dikerjakan dengan pergerakan menggerus atau melindas. Bahan cuma ditumbuk sekali atau 2x sampai memar, lalu didesak sekalian mengerjakan pergerakan seperti menggerakkan. Pergerakan mendesak serta menggerakkan ini dia yang wajib dikerjakan dengan berulangkali agar hasil ulekan jadi halus.

Membuat sambal atau bumbu halus secara diulek awalannya memang membuat tangan merasa pegal. Ditambah lagi bila bahan yang dipakai lumayan banyak. Namun, bila sudah ketahui tekniknya, pasti dapat dikerjakan dengan simpel. Hasil sambal serta bumbu yang diulek juga miliki rasa serta aroma yang lebih nendang.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *