4 Cara Mudah Mengawetkan Cabai

program turun berat badan

Beberapa orang katakan bila ‘tak pedas itu karena itu tidak nikmat’. Memang saya satu diantara orang yg sepakat dengan pepatah itu. Terlahir di tanah sunda yg banyak mempunyai modifikasi makanan dengan rasa pedas membuat lidah saya terlatih memberikan tambahan cabai buat menaikkan rasa pedas walaupun dikit. Rasa-rasanya kurang memang enak jika masakannya tidak ada penambahan rasa pedasnya.

Ditambah lagi saat ini saya tinggal di pulau Sumatera yg tenar jago pedas. Automatis, stock cabai dalam rumah selalu harus ada. Tetapi sebab cabai adalah bahan yg gampang busuk, beberapa orang yg malas menyimpan cabai. Walaupun sebenarnya ada cara-cara gampang buat mengawetkan cabai biar bertahan lama.

1. Buat jadi cabai kering

Bila kamu ingin membuat cabai lebih bertahan lama, anda bisa membuat jadi cabai kering. Pertama kali, jemur cabai yg udah dicuci bersih di atas rack, baki, tampah, atau wadah datar yang lain. Biarkanlah cabai saat beberapa waktu sampai kering, lalu masukan ke wadah tertutup serta taruh ke almari es.

Tidak hanya itu, anda dapat pakai oven buat mengeringkan cabai. Tetapi perlu diingat buat membelah cabai jadi dua sisi memanjang. Tata cabai di loyang dengan segi biji menghadap ke atas, baru cabai dapat dipanggang dalam oven. Bila ingin lebih awet , anda dapat menumbuk cabai sesudah keluar dari oven, sebelum pada akhirnya disimpan.

2. Giling cabai dengan penambahan minyak sayur serta garam

Cabai giling pun lebih praktis waktu dapat difungsikan memasak. Tetapi perlu diingat memberikan tambahan minyak sayur serta garam waktu melembutkan cabai. Anda dapat menumbuk dengan cara manual atau memanfaatkan jus yg lebih gampang. Paling akhir, taruh cabai giling dalam wadah kedap udara lalu masukan ke kulkas.

3. Tukar jadi asinan cabai

Tidak hanya digiling, cabe dapat juga diawetkan melalui langkah dibikin jadi asinan. Potong cabai memanjang serta masukan ke wadah dengan penambahan air masak, cuka, gula, serta garam. Taruh dalam almari es serta biarkanlah tadi malam sebelum diperlukan buat masak maupun langsung disantap.

4. Bekukan cabai

Taruh cabai yg udah dibuang tangkainya serta di bersihkan bersih ke plastik. Tutup plastik dengan rapat serta mengupayakan agar tidak ada udara yg ketinggal di dalamnya. Taruh plastik dalam freezer serta biarkanlah cabai sampai beku. Dengan cara barusan, cabai dapat bertahan sampai beberapa bulan lamanya.

Tersebut cara-cara buat mengawetkan cabai yg dapat anda coba dalam rumah. Tidak hanya lebih praktis waktu diperlukan kelak, cabai yg diawetkan semakin lebih bertahan lama, masih fresh, serta rasa-rasanya juga enak. Ditambah lagi jika harga cabai mendadak naik seperti waktu musim hujan seperti saat ini. Anda udah siap dengan stoknya dalam rumah. Masih enak serta irit, kan?

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *