5 Cara Membuat Es Kacang Merah yang Empuk & Segar untuk Takjil

Di banyak negara, kacang merah sudah benar-benar umum jadikan paduan panganan manis, seperti isian roti, dorayaki, serta mochi. Indonesia lantas tidak ingin kalah. Kecuali disayur, kacang merah pula dibikin jadi paduan es serut yang benar-benar fresh serta nikmat. Ditambah lagi apabila disantap jadi takjil waktu buka puasa.

Es kacang merah ini banyak diketemukan dalam rumah makan ciri khas Bangka serta Palembang. Tetapi, bila mau menyantapnya jadi takjil, tak usah repot mengantre dalam rumah makan. Cukup membuat sendiri saja dalam rumah.

1. Rendam kacang merah dalam air semalaman

Kacang merah yang empuk serta memiliki bentuk mengembang dengan utuh adalah salah satunya kunci khusus kelezatan es kacang merah. Karenanya, bila anda memakai kacang merah kering, proses perendaman semalaman tak bisa dilupakan.

Merendam kacang merah kering dalam air semalaman ini bisa membuat jadi mengembang, tak ringan hancur, serta empuk waktu di rebus kelak. Setelah itu lalu dapat ditiriskan serta basuh bersih kacang merah.

2. Rebus kacang merah berbarengan kayu manis

Proses perebusan yang pas akan bikin kacang merah empuk serta miliki aroma yang nikmat. Untuk 1 cup kacang merah, masak dalam 500 ml air. Lalu, imbuhkan kayu manis mempunyai ukuran 3 ruas jari untuk memasukkan aroma. Rebus kacang merah sampai sungguh-sungguh empuk, baru imbuhkan gula serta garam. Bila bumbu-bumbu itu ditambah lagi sebelum kacang merah sungguh-sungguh empuk, selanjutnya kacang merah malahan akan makin sulit melunak.

3. Kentalkan kuah dengan larutan maizena

Es kacang merah yang enak miliki kuah kental yang legit. Kuah ini dibikin dengan masukkan gula merah, gula pasir, serta dikit garam ketika merebus kacang merah. Tetapi, gula merah saja nyatanya kurang bikin kuah jadi kental. Sebab itu, imbuhkan larutan maizena ke rebusan serta aduk-aduk rata hingga kental.

Larutan maizena ini dibikin dari paduan 1 sdt tepung maizena dengan dikit air. Aduk sampai tepung maizena larut serta tak ada yang menggumpal.

4. Imbuhkan daun pandan ketika bikin saus santan

Saus santan adalah salah satunya elemen es kacang merah yang tak bisa dilupakan. Rasa gurih dari saus santan bisa berikan keselarasan rasa pada es kacang merah serta membuat makin nikmat.

Saus santan ini terbuat dari paduan santan, garam, serta larutan maizena. Untuk dapatkan rasa serta aroma yang lebih ekslusif, imbuhkan 2 lembar daun pandan waktu saus santan diolah. Ke-2 daun pandan itu diikat simpul agar aroma serta rasa-rasanya lebih keluar.

5. Bagikan dengan es batu serut, krimer kental manis, serta sirup cocopandan

Selesai kacang merah empuk, kuah gula merah mengental, serta saus santan masak, bermakna waktunya menyediakan es kacang merah. Langkah menyajikannya ringan. Sediakan gelas kaca, bila dapat yang ukurannya lebar tetapi tidaklah terlalu tinggi. Masukan 2 sumber daya manusia kacang merah berbarengan kuah gula merahnya, dibarengi dengan 1 sumber daya manusia saus santan serta es batu serut seperlunya. Lalu, tuang krimer kental manis serta sirup cocopandan sesuai dengan hasrat ke atas es batu serut. Es kacang merah udah siap disediakan serta disantap, deh.

Kesegaran es kacang merah ini ada kemungkinan penawar dahaga yang pas selesai sepanjang hari berpuasa. Tak cuma itu, kacang merah pula miliki banyak nutrisi yang baik untuk badan anda. Udah fresh, nikmat, sehat, higienis juga sebab dibikin sendiri dalam rumah. Selamat coba, ya!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *