5 Langkah Membuat Sayur Asem Jawa Tengah yang Berkuah Bening & Segar

program turun berat badan

Tiap wilayah di Pulau Jawa, punyai menu sayur asem istimewanya semasing. Tetapi menurut saya, sayur asem unik Jawa Tengah yaitu yg paling unik. Soalnya, bumbu yg dimanfaatkan cuma diiris-iris saja. Tidak diulek sampai halus seperti sayur asem wilayah yang lain.

Sayur asem unik Jawa Tengah ini dapat dibikin dengan ringan, cepat, serta praktis. Anda cuma perlu waktu lebih kurang 30 menit buat membuat, 10 menit buat persiapan serta 20 menit buat memasak. Pas sekali kan buat sajian keseharian?

1. Bumbu-bumbu cukup di iris saja

Tidak serupa dengan sayur asem yang lain, sayur asem unik Jawa Tengah ini bumbu-bumbunya cukup di iris saja. Bumbu-bumbu yg anda butuh yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, serta cabai hijau keriting. Buat bawang, mengirisnya jangan begitu tipis biar tidak ringan hancur. Sesaat buat cabai, potong saja dengan menyerong dengan ketebalan yg seperti sama buat tumisan.

2. Masukan bumbu potong seusai air mendidih

Dalam panci, rebus lebih kurang 1 liter air sampai mendidih. Seterusnya, baru masukan bumbu potong di air. Tidak hanya bumbu potong, masukan lengkuas yg telah digeprek serta daun salam yg telah disobek ujungnya di air. Aduk sampai rata serta biarkanlah sampai aroma dari bumbu menguar.

3. Melinjo serta labu siam mesti dibuat lebih dulu

Bila sayur asem Jakarta memanfaatkan pepaya muda serta nangka muda, sayur asem Jawa Tengah ini memanfaatkan labu siam jadi sayurannya. Labu siam ini punyai struktur yg rada keras, sampai-sampai butuh dibelah jadi 4-8 sisi serta digodog duluan biar masak dengan prima.

Tidak hanya labu siam, ketaksamaan lain di antara sayur asem Jakarta serta Jawa Tengah yaitu pemanfaatan melinjo. Bila sayur asem Jakarta, daun melinjonya saja yg dimanfaatkan. Selain itu, buah melinjo harus dimanfaatkan dalam sayur asem Jawa Tengah. Buah melinjo ini dikupas terlebih dulu, setelah itu dimasukkan dalam kuah rebusan pas seusai labu siam sebab teksturnya yg keras seperti kacang.

4. Setelah itu giliran jagung manis serta kacang panjang

Seusai melinjo serta labu siam 1/2 masak, anda dapat masukan tersisa sayuran yang lain, adalah jagung manis serta kacang panjang. Ke dua sayuran ini yaitu ciri-khas sayur asem. Jadi harus tidak dilupakan.

Jagung manis ini anda potong bulat-bulat terlebih dulu dengan ketebalan lebih kurang 1-1,5 cm. Sesaat buat kacang panjang dipotong memanjang lebih kurang 3 cm biar cepat masak.

5. Imbuhkan air asam jawa serta revisi rasa

Rasa asam pada sayur asem Jawa Tengah ini datang dari air asam jawa. Sebelum ditambah lagi ke kuah, asam jawa dicampurkan dahulu di air panas. Setelah itu, saring asam jawa serta mengambil airnya saja. Imbuhkan air asam jawa ke kuah seusai semua sayur dimasukkan. Aduk rata serta revisi rasa sayur asem anda. Imbuhkan gula serta garam sampai rasa-rasanya sesuai.

Pemanfaatan bumbu-bumbu yg cuma di iris saja, membuat sayur asem unik Jawa Tengah ini punyai kuah yg bening serta rasa yg condong lebih mudah. Jadi, akan pas buat hasrat kebanyakan orang serta dipertemukan dengan pelbagai lauk.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *