5 Langkah Mudah Membuat Bubur Candil Legit, Empuk, & Klasik

Bubur candil simpel sekali dikenali serta dibedakan dari bubur-bubur tradisionil yang lain. Lantaran, bubur ini punyai bulatan-bulatan kecil berwarna coklat serta kenyal yang disebutkan candil. Di banyak wilayah, bubur candil disebutkan dengan bubur biji salak, termasuk juga di seputar rumah saya. Kedua-duanya benar-benar seperti.

Waktu bulan puasa, begitu banyak yang jual bubur candil di tepi jalan jadi takjil. Tetapi, bila beli dalam banyaknya banyak untuk orang serumah, pastinya tekor. Jadi, mengapa tak coba membuat sendiri?

1. Buat adonan candil dari tepung ketan serta air hangat

Bola-bola candil yang kenyal, dibikin dengan bahan basic tepung. Bukan tapioka atau tepung sagu, akan tetapi dari tepung ketan. Penentuan tepung ketan ini bikin candil punyai struktur yang kalis serta kenyal, tetapi terus empuk. Hingga simpel untuk dikunyah serta disantap.

Tepung ketan di campur dengan dikit garam untuk memberi rasa gurih. Lantas, di campur dengan air hangat sedikit-sedikit sembari diuleni sampai adonan rekat serta dapat dibuat.

2. Bentuk adonan bundar kelereng serta rebus sampai mengapung

Adonan candil dibuat bulat-bulat, kurang lebih sebesar kelereng. Agar ukurannya semua sama, mengambil adonan dengan ukuran 1 sumber daya manusia saja. Sembari membulat-bulatkan adonan, anda dapat mendidihkan 500 ml air untuk merebus candil. Masukan candil ke air mendidih. Lalu, rebus sampai candil mengapung. Tiriskan sampai dingin.

3. Untuk kuah, pakai gula merah yang berwarna kuning keemasan

Kuah dari candil punyai warna coklat cerah serta rasa yang manis. Kuah ini dibikin dari kombinasi air, gula merah, serta daun pandan. Untuk memperoleh kuah yang bersih serta berwarna cerah, pakai gula merah yang berwarna kuning keemasan. Rebus gula merah sampai mendidih serta imbuhkan daun pandan yang diikat simpul untuk memperkokoh rasa serta aromanya.

4. Masukan candil serta larutan tapioka ke kuah gula

Selesai kuah mendidih, masukan candil ke dalamnya. Rebus untuk beberapa waktu agar rasa manis kuah dapat terserap oleh candil. Lantas, imbuhkan larutan tapioka mau bikin kuah semakin lebih kental. Larutan tapioka ini terbuat dari 2 sumber daya manusia tepung tapioka yang diencerkan dengan dikit air.

Aduk kuah sampai jadi kental. Selesai mendidih serta meletup-letup, matikan api serta biarlah panasnya menguap perlahan-lahan.

5. Bagikan bubur candil dengan saus siraman

Bubur candil kurang komplet rasa-rasanya kalau disiapkan tanpa ada saus putih yang disiram di atasnya. Saus putih itu dibikin dari santan yang kental. Di masak dengan penambahan garam agar lebih gurih juga daun pandan yang diikat simpul untuk meningkatkan kesenangan aroma dan rasa-rasanya.

Masak santan di atas api sedang. Aduk-aduk terus sampai mendidih. Sisihkan sampai panasnya menguap. Lantas, tuang ke mangkok berisi bubur candil.

Baru memandang langkah membuat saja telah terbersit legitnya, kan? Langkah ini dapat anda coba untuk bikin bubur candil waktu bulan puasa kelak. Bubur candil jadi takjil, tak ada yang dapat menampik, deh!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *