5 Tips Sukses Menanam Daun Pandan Sendiri di Rumah

program turun berat badan

Buat anda yg kegemaran bikin kudapan tradisionil, sudah pasti tidak asing dong dengan yg namanya daun pandan. Kecuali dapat menaikkan aroma pada masakan, daun pandan bisa juga jadikan garnish untuk membuat cantik penampakan masakan. Sayangnya, saat ini daun pandan sedikit susah diketemukan. Bahkan juga, saya jarang-jarang sekali menemukannya pedagang yg jual daun pandan di pasar tradisionil dekat rumah.

Untuk mengusahakannya, beberapa saat waktu lalu saya lantas selanjutnya menanam sendiri daun pandan di pekarangan rumah. Bagaimana langkahnya? Yuk lihat anjurannya dibawah ini.

1. Lihat penentuan bibit

Untuk mendapat daun pandan paling baik, jadi anda lantas mesti menanam bibit yg bagus dari anakan daun pandan. Tentukan anakan pada gerombolan daun pandan yg sehat serta fresh, dicirikan dengan warna daun hijau muda serta tidak diketemukan cedera di daun. Bila anda telah menemukannya anakan daun pandan yg semacam itu, potong dengan berhati-hati biar daun pandan tidak mati.

2. Lihat penentuan tanah

Seterusnya, anda pun mesti melihat penentuan tanah jadi media untuk menanam daun pandan. Biar daun pandan anda dapat tumbuh subur, campur tanah itu dengan pupuk kandang atau pupuk kompos. Lalu campur sampai rata serta masukan ke pot. Tekan-tekan tanah sampai padat lalu lubangi dengan kedalaman seputar 22-27 cm.

Sesudah itu, tanam bibit pandan lewat cara perlahan-lahan dengan urutan tegak lurus. Padatkan kembali tanah di seputar daun pandan serta tahan dengan batu-batu kecil atau pecahan batu bata bila memang perlu, biar nanti tidak tumbang.

3. Teratur menyiram daun pandan

Daun pandan termasuk juga ke tanaman yg memerlukan banyak air. Hal semacam itu berlangsung sebab daun pandan miliki banyak daun yg panjang serta lebar sampai ringan menguap. Anda dapat menyimpan pot daun pandan pada tempat yg lembap serta dekat sama sumber air. Ingat pula untuk menyiram daun pandan kedua kalinya satu hari pada sore dan pagi hari.

4. Kasih pupuk biar terus subur

Jadi perawatan penambahan, anda bisa juga berikan pupuk organik pada tanah 1 bulan sekali, biar bagian hara dalam tanah dapat terus terbangun secara baik. Daun pandan anda lantas dapat tumbuh dengan subur serta sehat.

5. Potong daun yg rusak, kering, serta menguning

Meskipun telah dirawat secara baik, kadangkala ada-ada saja daun pandan yg jadi kering, layu, bahkan juga busuk. Untuk menanggulanginya, anda dapat memangkas anakan daun pandan yg rusak itu biar kehancuran tidak menebar pada daun pandan lainnya. Bila perlu, anda bisa juga menyemprotkan pestisida biar daun pandan bebas dari hama serta ulat.

Nyata-nyatanya menanam daun pandan itu cukup ringan, kan? Kendati anda mesti menanti seputar 1-1,5 bulan sampai daun pandan siap dipanen, namun hasilnya sama dengan yg dikehendaki. Saat ini, kapan lantas anda dibutuhkan daun pandan, anda dapat mengguntingnya langsung di pekarangan rumah. Lebih sehat serta fresh pula dong yang pasti!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *