6 Cara Mudah Membuat Ayam Bakar khas Padang

Kala makan di restoran makanan Padang, ada satu menu yang tidak sempat lupa buat saya pesan. Ya, ayam bakar. Ayam bakar ciri khas Padang punyai rasa yang demikian kaya serta amat nikmat. Bumbunya serius meresap, namun tidak lalu bikin daging ayam berubah menjadi kering.

Bikin ayam bakar yang nikmat seperti restoran makanan Padang mesti disadari susah-susah-gampang. Sulit sebab bumbu yang dipakai cukup banyak variasi. Namun juga enteng sebab ayam perlu diungkep serta dibakar tidak lama saja.

1. Lumuri potongan ayam dengan air jeruk nipis, garam, serta lada

Mau bikin ayam bakar ciri khas Padang, ayam utuh dipotong jadi 8 sisi. Lumuri potongan ayam itu dengan 1 sumber daya manusia air jeruk nipis biar berbau amisnya hilang. Diamkan lebih kurang 10 menit, setelah itu cuci potongan ayam dengan air mengalir. Taburi potongan ayam dengan sejumput garam serta lada buat membumbui dan membuat merasa gurih kala masak kelak.

2. Haluskan bumbu serta rempah basic yang diperlukan

Ketaksamaan di antara ayam bakar ciri khas Padang serta ayam bakar kecap biasa terdapat pada pemrosesan bumbunya. Bumbu serta rempah yang dipakai buat ayam bakar ciri khas Padang ini ada 10 type serta semua dihaluskan jadi satu. Bumbu serta rempah itu merupakan bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, pala bubuk, kunyit, kemiri, ketumbar, jinten, serta garam.

Buat mendapat hasil serta rasa yang amat ciri khas Padang, bumbu serta rempah seharusnya dihaluskan melalui cara diulek. Akan tetapi, dengan bumbu serta rempah sejumlah itu, tentu cukup melelahkan ya apabila mesti menguleknya. Dengan demikian, anda kemungkinan melembutkannya dengan juice.

3. Tumis bumbu halus serta imbuhkan bermacam bumbu penting

Bumbu halus setelah itu ditumis sampai harum. Menumis bumbu buat ayam bakar ciri khas Padang ini seharusnya gunakan wajan yang rada besar sebab selanjutnya bakal langsung diperlukan pula buat memasak atau mengungkep ayam.

Tidak hanya bumbu halus, ada sejumlah bumbu penting yang butuh ditambah biar rasa-rasanya lebih mantap. Ada serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk, daun kunyit, serta asam kandis. Serai serta lengkuas dimemarkan terlebih dulu sebelum dimasukkan. Buat daun salam, daun jeruk, serta daun kunyit, ingat buat disobek dikit ujungnya biar aromanya keluar. Sesaat asam kandis, langsung bisa anda tambahkan ke tumisan.

4. Tambahkan ayam serta air, masak sampai mendidih

Sesudah aroma harum keluar dari tumisan bumbu, tambahkan potongan ayam. Aduk rata ayam serta bumbu tiada henti sampai warna ayam mulai berganti. Setelah itu, tambahkan 700 ml air atau hingga semua potongan ayam terbenang, serta teruskan masak sampai mendidih.

5. Imbuhkan santan kental serta gula merah parut, masak sampai mengental

Jika air telah mendidih serta ayam mulai empuk, tambahkan santan kental serta 1 sumber daya manusia gula merah sisir. Aduk rata sampai gula merah jadi cair serta tercampur rata dengan santan. Setelah itu, imbuhkan sejumput garam serta lada bubuk. Kecap rasa kuahnya. Apabila telah cocok, aduk terus hingga kuah asat serta terserap oleh daging ayam.

6. Bakar ayam hingga ke-2 sisinya masak

Ayam yang udah masak, ditiriskan dahulu dari kuahnya. Setelah itu, sediakan alat buat membakar. Anda dapat membakar ayam gunakan alat panggang apit di atas bara api langsung atau kompor. Jika tidak punyai, grill pan atau wajan telfon juga dapat jadi pilihan. Meskipun hasilnya tentu tidak seharum ayam yang dibakar di atas bara api.

Bakar ayam hingga ke-2 sisinya masak. Ingat buat adakalanya memoleskan tersisa kuah/bumbu ungkep ke atas ayam biar rasa-rasanya makin kuat serta enak.

Masakan ciri khas Padang memang jarang-jarang gunakan bumbu serta rempah yang minimalis. Namun proses memasaknya cukup ringan, kan? Ayam bakar Padang ini pastinya nikmat disantap berbarengan nasi hangat dengan daun singkong rebus serta sambal lado ijo jadi pelengkap.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *