6 Jajanan Khas Nusantara yang Banyak Muncul di Bulan Ramadan

Di bulan ramadan, sore hari memang paling asik dihabiskan dengan ngabuburit. Nah, aktivitas ngabuburit idola saya itu mencari beragam jajanan di pasar tradisionil, alun-alun kota, atau pojok keramaian yang lain.

Anda tentu tahu dong, saat sore sepanjang bulan ramadan, kebanyakan banyak penjual dadakan yg tawarkan beragam jajanan lezat untuk buka puasa. Dimulai dari jajanan asin, manis, gurih, sampai pedas lantas ada.

Beberapa jajanan itu bahkan juga cuma ada kala bulan ramadan saja. Karenanya, sayang sekali kalau melewatkannya. Ditambah lagi harga sangatlah dapat dijangkau. Jadi, tak perlu cemas dompet bobol kalau beli dalam banyaknya banyak untuk dibagi-bagikan. Baca yuk beragam ragamnya selanjutnya.

1. Kicak

Kalau ada belum ketahui, kicak merupakan jajanan ciri khas Jogjakarta yg cuma dapat didapati kala bulan ramadan, lho. Kicak terbuat dari adonan beras ketan serta kelapa parut yg dikasih potongan buah nangka. Rasa kicak yg gurih serta manis ditanggung deh sangatlah nikmat.

2. Gulai tutut

Untuk anda yang menyenangi seafood, makanan ini layak dicoba. Gulai tutut atau siput sawah ini mempunyai rasa unik yg ciri khas. Gabungan di antara daging tutut yg kenyal dengan bumbu gulai yg pedas-gurih ini tentu dapat membuat anda suka.

3. Kerupuk ojay

Anda cari cemilan pedas untuk berbuka puasa? Kerupuk ojay jawabannya. Kerupuk ojay atau yg seringkali dimaksud kerupuk mie oncom merupakan kerupuk mie sangrai atau goreng, yg direndam ke sambal oncom yg gurih serta pedas. Sensasi renyah kerupuk serta pedasnya sambal oncom tidak akan tidak sukses menganakemaskan lidah anda.

4. Bangka kopyor

Berganti ke kota Gresik, anda dapat mendapatkan bangka kopyor jadi makanan uniknya kala bulan ramadan. Bangka kopyor sebagai singkatan dari bubur nangka serta kopyor itu dibikin dari tepung terigu, kelapa parut, roti tawar, pisang, nangka, serta santan kelapa yg tentu saja sangatlah sangat cocok jadikan jadi takjil.

5. Pisang ijo

Makanan ciri khas Makasar ini selamanya jadi diva kala bulan ramadan. Pisang yg dibalut adonan tepung berwarna hijau itu digabung bersama dengan es serut, sirup, cacahan kacang, serta bubur sumsum. Tidak hanya beri kesegaran, pisang ijo ini cukup mengenyangkan, sampai sesuai untuk takjil sekaligus juga makan malam yg praktis.

6. Ketan bintul

Paling akhir, anda dapat coba kental bintul sebagai jajanan ciri khas kota Banten. Sesuai sama namanya, kentan bintul terbuat dari nasi ketan yg ditumbuk jadi bahan terutamanya. Nasi ketan itu lalu diberikan dengan abon sapi serta kuah gulai. Rasa-rasanya? Gemilang lezat!

Selamat hunting jajanan!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *