6 Jenis Kolak Lezat Untuk Hidangan Takjil Berbuka Puasa

program turun berat badan

Meskipun saya tetap siapkan bermacam makanan kekinian untuk buka puasa, tetapi saya gak sempat tertinggal menyediakan takjil pribadi yang sama juga dengan bulan ramadan, yakni kolak. Untuk saya sekeluarga, rasa-rasanya berbuka puasa kurang komplet tanpa ada mencicip kolak meski cuma dikit.

Citarasa kolak amatlah unik. Kombinasi di antara bahan kolak dengan gula merah cair manis yang legit memang susah tidak diterima. Belumlah lagi penambahan santan yang membuat rasa kolak jadi makin gurih. Gak bingung bila hingga sekarang ini, kolak terus-menerus jadi pujaan sebagian besar orang Indonesia untuk buka puasa. Ditambah lagi terdapat banyak tipe kolak di bawah ini.

1. Kolak pisang

Dapat disebut, kolak pisang masih jadi unggulan kala bulan puasa. Bagaimana tidak, rasa pisang yang manis serta asam amatlah sesuai diberikan bersama dengan gula merah cair serta santan. ditambah lagi bila kolak pisang ini diberikan dingin, rasa-rasanya tentu membuat kecanduan.

2. Kolak ubi

Gak cuma pisang saja yang enak jadikan kolak, ubi bisa pula lho. Ubi yang udah dibikin bersih serta dipotong-potong, dibuat dengan gula merah, air, santan, serta garam. Rasa ubi yang manis serta lembut dapat membuat anda kembali bergairah seusai penat berpuasa sepanjang hari.

3. Kolak labu

Bila anda gak sukai kolak yang sangat manis, jadi kolak labu yakni jawabannya. Teknik membuat kolak labu ini sama dengan dengan membuat kolak ubi. Namun lantaran rasa labu condong tawar, jadi rasa manisnya juga gak sepekat kolak ubi.

4. Kolak kolang-kaling

Nyatanya, kolang-kaling pula nikmat lho jadikan kolak. Struktur kolang-kaling yang kenyal serta lembut begitu sesuai digabungkan dengan gula merah serta santan. Ditambah lagi bila kolak ini diberikan dingin, rasa-rasanya semangkok saja kurang deh.

5. Kolak candil ketan

Kolak lain yang dapat anda coba yakni kolak candil ketan. Kolak candil ketan terbuat dari adonan tepung ketan serta air yang dibuat jadi bulatan-bulatan kecil, lalu dibuat bersama dengan larutan gula merah. Supaya lebih nikmat, siram dengan kuah santan sebelum diberikan. Rasa candil ketan yang kenyal juga sekaligus empuk ditanggung buat kecanduan.

6. Kolak biji salak

Meskipun terdengar aneh, tetapi kolak biji salak nyata-nyata benar ada, lho. Jangan asumsikan biji buah salak yang keras ya, lantaran sesungguhnya kolak biji salak ini terbuat dari kombinasi ubi jalar serta tepung sagu yang dibuat jadi bulatan-bulatan mempunyai ukuran tengah. Disebutkan kolak biji salak lantaran sesaat bentuk bulatan ubi itu serupa dengan biji salak. Kolak biji salak ini miliki rasa manis, legit, serta gurih, sampai-sampai amat pas jadikan takjil untuk buka puasa.

Itu ia tipe kolak yang dapat anda coba jadi menu takjil kala bulan puasa. Semasing kolak itu miliki citarasa uniknya semasing. Kolak apa yang menjadi pujaan anda?

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *