7 Jenis Biji-Bijian Untuk Membuat Kue & Roti Lebih Bergizi dan Menarik

program turun berat badan

Bila mengulas biji-bijian, umumnya dari kita pastinya berpikir tentang makanan inti. Yup, nasi yg kita mengonsumsi memang datang dari beras yg termasuk juga biji-bijian. Juga ada biji-bijian yg seringkali jadikan jadi kudapan. Katakan saja seperti popcorn dari jagung atau kue dari gandum. Akan tetapi kecuali bahan pokok kue, ada juga biji-bijian yg dimanfaatkan dalam banyaknya dikit untuk pelengkap, topping, atau dekorasi.

1. Wijen

Umumnya dari kita pastinya familiar sekali dengan biji yg satu ini. Yup, biji wijen memang seringkali sekali dimanfaatkan jadi pelengkap makanan. Dimulai dari santapan seperti ayam mentega sampai cemilan seperti martabak. Terkecuali itu, biji wijen seringkali dimanfaatkan jadi pelengkap kue, roti, serta pastry.

Wijen sendiri adalah biji kecil berwujud oval. Sisi ujung wijen berwujud runcing. Umumnya, biji wijen yg kita temukan berwarna putih. Namun, juga ada lho biji wijen yg warnanya hitam.

2. Biji Poppy

Biji poppy berwujud bundar serta kesat. Ukurannya lebih kecil ketimbang biji selasih. Biji berwarna hitam ini pun seringkali jadikan substitusi kacang. Terlebih untuk mereka yg alergi.

Dulu, sudah sempat ada pro-kontra pada biji poppy. Sebab datang dari tanaman Poppy Opium, biji ini dipandang bisa membawa dampak ketagihan. Namun, saat ini pikiran itu udah dipatahkan. Jadi tak usah kuatir untuk memakannya.

3. Biji Bunga Matahari

Kita pasti seringkali menjumpai biji bunga matahari yg jadikan kuaci. Namun, sebetulnya biji ini tidak hanya terbatas jadi cemilan saja. Banyak resep kue, muffin, serta roti yg gunakan biji bunga matahari jadi pelengkap atau topping.

4. Biji Labu

Ketimbang biji-bijian lain, ukuran biji labu termasuk juga yg terbesar. Kulit biji labu berwarna putih, sesaat bijinya berwarna hijau pekat. Seperti biji bunga matahari, biji labu seringkali diproses jadi kuaci.

5. Flaxseed

Flaxseed punyai bentuk yg mirip wijen. Akan tetapi, flaxseed dikit tambah besar serta mengkilap. Flaxseed terdiri atas dua style, yaitu golden flaxseed serta brown flaxseed. Ketimbang brown flaxseed, golden flaxseed di bandrol di harga tambah mahal.

6. Oats

Oats yaitu biji-bijian yg populer jadi bahan sumber karbohidrat substitusi nasi. Telah banyak orang yg mengkonsumsi biji-bijian satu ini. Namun, oats dapat dimanfaatkan pada proses baking. Umpamanya seperti pengerjaan kukis ataupun roti.

7. Chia Seed

Chia seeds berwujud menyerupai seperti biji poppy. Kedua-duanya saling berwarna hitam, berwujud bundar, serta mempunyai ukuran kecil.

Chia seeeds kaya kandungan protein. Sering, dia jadikan bahan pilihan substitusi telur dalam kue atau olahan yang lain.

Walau cuma bahan penambahan atau pelengkap, biji-bijian dapat memperkaya struktur kue serta roti. Terkecuali itu, datangnya biji-bijian juga dapat bikin roti lebih sehat. Adalah lebih kaya kandungan gizi.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *