Aneka Jenis Gula Yang Perlu Kita Kenal

program turun berat badan

Hidup ini memang dibutuhkan pemanis. Dahulu saya sangatlah anti makanan manis lantaran hangatnya desas-desus diabetes. Lumayan lama saya tak bersentuhan dengan kue, minuman bersoda, nasi, dan seterusnya. Akan tetapi seiring bersamanya waktu, saya lantas tahu jika gula bukan hanya dijumpai pada makanan di atas. Tidak dengan sadar gula ditambah dalam masakan lauk-pauk untuk menyamakan rasa asin, asam, pahit berubah menjadi rasa yang paling diburu banyak orang, yaitu gurih atau umami. Tetapi sebelum berbelanja gula, telah ketahui belum ragamnya? Jika belum, yuk, baca ragamnya dibawah berikut ini.

Gula Putih (White Sugar)

1. Pasir/Granulated: Umumnya, type gula berikut yang kerapkali digambarkan jadi “gula”. Gula pasir adalah hasil kristalisasi cairan tebu dengan struktur halus serta warna putih seperti kertas. Gula pasir adalah gula serbaguna yang bisa digunakan dalam beragam type sajian, dimulai dari kue, minuman, sampai tumisan.

2. Caster: Selintas gula caster memang seperti dengan gula pasir disaksikan dari struktur serta warna. Nyata-nyatanya gula ini punyai kristal yang lebih kecil sampai bertambah cepat larut dalam cairan serta adonan. lantaran teksturnya yang gampang, gula caster seringkali dipakai mau bikin sponge cake, meringue, serta whipped krim.

3. Halus: Gula halus datang dari gula pasir yang dihaluskan berubah menjadi bentuk bubuk. Kalau disaksikan lebih jelas, gula halus punyai partikel kristal yang lebih kecil dari gula caster tetapi tak sekecil gula donat. Gula halus seringkali dipakai jadi bahan taburan cake atau kue kering. Diluar itu lantaran teksturnya yang gampang, gula halus seringkali dicampurkan ke adonan buttercream.

4. Donat/Icing: Ingat gula bubuk yang biasa diberikan dengan donat kentang? Berlainan dengan gula halus biasa, gula donat sudah dihaluskan sepuluh kali lipat sampai teksturnya seperti tepung. Gula ini tidak juga bakal basah kalau terserang minyak lantaran memiliki kandungan tepung jagung serta bahan pengelmusi. Rasa-rasanya dingin disaat dikecap serta umum ditaburkan untuk donat goreng atau kue putri salju.

5. Batu: Gula batu adalah hasil kristalisasi gula pasir. Dibikin dengan dukungan air panas, gula pasir itu selanjutnya berubah jadi bongkahan dingin. Bentuk selanjutnya seperti batu kristal serta butuh waktu lama untuk larut pada air. Type gula ini sangat sering diketemukan jadi kawan minuman hangat.

6. Dadu: Sudah pasti gula ini punyai bentuk kotak seperti dadu. Terbuat dari gula pasir bermutu tinggi yang dipres membuat kotak dan dikeringkan. Gula dadu sangat sering digunakan jadi pelengkap minuman-minuman panas seperti kopi serta teh.

Gula Cokelat (Brown Sugar)

1. Aren: Gula ini terbuat dari sari pohon aren atau enau. Warnanya cokelat gelap, mempunyai tekstur kasar, serta beberapa di jual berbentuk silinder. Rasa-rasanya yang manis-gurih seperti permen susu serta aroma yang wangi pas dipakai dalam minuman-minuman tradisionil Indonesia seperti cendol serta ronde. Diluar itu, gula aren berubah menjadi pilihan pemanis adonan kue dan dipakai dalam semur serta gudeg.

2. Jawa/Merah: Gula ini seringkali tertukar dengan gula aren lantaran selintas fisiknya tampak sama. Meskipun sebenarnya berbahan basic, gula jawa terbuat dari sari pohon kelapa. Anda dapat lihat ketidaksamaan paling jelas dari sisi warnya yang cokelat jelas. Dalam masakan, gula jawa seringkali jadikan bahan baku kecap. Walaupun rasa manis-legitnya tak sekuat gula aren, gula jawa bisa pula dipakai untuk kue, puding, atau dicampurkan pada minuman.

3. Palem/Semut: Pada dasarnya gula palem adalah gula aren atau gula jawa yang dihaluskan. Seringkali dipanggil gula semut lantaran warnanya yang cokelat seperti semut. Gula palem punyai aroma wangi seperti gula jawa serta aren sampai seringkali dipakai mau bikin ontbijkoek, fruit cake, serta kue-kue kering.

4. Cokelat: Orang memang lebih akrab dengan makna brown sugar tetapi gula ini sedikit dipakai dalam masakan ciri khas Indonesia. Gula cokelat punyai dua type warna yaitu jelas (light) serta gelap (dark). Gula cokelat mulainya merupakan gula putih yang dituang sirup molase. Sebagaimana banyak sirupnya bakal memiliki pengaruh pada warna akhir serta rasa gula. Rasa-rasanya lantas tak semanis gula putih. Akan tetapi baik light brown sugar atau dark brown sugar, kedua-duanya biasa dipakai jadi bahan baku kue serta roti.

Gula Cair (Liquid Sugar) serta Lain-Lain

1. Karamel: Adalah dari hasil pemanasan gula pasir. Warnanya cokelat sampai kehitaman bergantung sebagaimana lama pemanasannya. Perihal itu bisa juga memengaruhi rasa karamel dimana kian lama dipanaskan, karamel bisa berubah jadi hitam serta pahit. Aromanya yang wangi bikin karamel seringkali dipakai jadi saus, pewarna, penambah rasa, dan pembangkit aroma pada makanan atau minuman pencuci mulut.

2. Sederhana Syrup: Sirup ini adalah kombinasi gula serta air dengan perbandingan 1:1. Mempunyai bentuk cair serta merasa lengket. Sederhana syrup biasa dipakai jadi bahan olesan untuk melembabkan permukaan kue atau diberikan jadi pemanis minuman di sebagian restoran.

3. Molasses/Black Syrup: Sirup ini susah tergantikan dengan lainnya lantaran begitu unik. Warnanya hitam serta punyai rasa manis yang gampang. Kian pekat teksturnya karena itu rasa-rasanya bakal kian kurang manis. Black syrup pas dibuat dengan rempah kayu manis, jahe, serta pala. Diluar itu dapat digunakan mau bikin cookies serta roti biar lebih lembut serta renyah.

4. Golden Syrup: Sirup ini dibikin proses dari penyulingan ampas molase. Aromanya tak setajam black syrup serta berwarna keemasan. Lantaran warna itu, golden syrup seringkali digunakan untuk menukar madu walaupun rasa-rasanya tak semanis madu. Golden syrup bisa digunakan untuk baking serta pencuci mulut dan dituangkan di atas pancake, kue, dan seterusnya.

5. Jagung/Corn Syrup: Kental seperti gelatin. Gula jagung terbuat dari pati jagung yang dipanaskan dengan air lalu selanjutnya berganti serupa gelatin. Kandungan glukosanya cukuplah tinggi sampai dapat sejajar dengan gula pasir. Teksturnya yang kental bikin gula jagung seringkali digunakan untuk menaikkan volume adonan sampai struktur kue atau roti lebih moist.

6. Jelly: Persis seperti namanya, gula jelly adalah larutan gula berwarna kuning kental dengan struktur seperti jel. Gula jelly terbuat berbahan yang sama seperti sederhana syrup akan tetapi punyai ukuran gula yang tambah besar ketimbang air. Gula jelly seringkali dipakai untuk pengerjaan buttercream.

7. Gula Diabetes/Alkohol: Eits, jangan kuatir. Namanya saja yang demikian tetapi gula ini tak memiliki kandungan gula atau alkohol sekali-kali. Gula alkohol terbuat dari tumbuh-tumbuhan alami seperti dedaunan serta buah-buahan. Jika kita seringkali rasakan manis disaat makan buah, karena itu rasa manis itu yang diekstrak berubah menjadi gula. Rasa-rasanya konsisten persis seperti gula biasanya dan punyai bermacam type seperti sorbitol, mannitol, xylitol, dan seterusnya. Gula alkohol seringkali diketemukan dalam beberapa makanan memiliki loabel “sugar free”.

Nyata-nyatanya gula miliki banyak type, ya. Walaupun kebanyakan dipakai untuk baking serta desserts, anda dapat kok berinovasi dengan jenis-jenisnya. Yang penting menjaga ukuran gulanya, ya, biar anda tak diabetes beneran!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *