Apa Bedanya? Cupcake vs Muffin

program turun berat badan

Banyak yang masih sukar memperbedakan cupcake serta muffin. Meskipun sebenarnya kalaupun lihat di toko kue atau bakery, cupcake serta muffin itu gampang dibedakan. Dua baked goods ini memang disediakan dalam cup kertas, tetapi cupcake senantiasa tampil cantik dengan buttercream dan muffin lebih simpel. Banyak bakers bahkan juga menyebutkan cupcake jadi “kue mini” dan muffin yakni “roti kilat (quick bread) mini”. Terkecuali itu masih beberapa perihal yang memperbedakan dua dessert ini. Yuk, baca berikut ini!

-Dari sisi bahan

Pada prinsipnya, cupcake serta muffin dibikin berbahan khusus yang sama adalah tepung, telur, mentega, gula, serta susu. Perbedaannya, cupcake memanfaatkan tepung protein rendah dan muffin gunakan terigu serbaguna atau tepung protein tengah. Untuk kenal ketaksamaan tepung protein tengah serta rendah, cek di sini. Kadangkala muffin pun gunakan tepung gandum sampai-sampai struktur selanjutnya betul-betul crumbly.

Kecuali tepung, ketaksamaan dua makanan kecil ini dapat disaksikan dari pemanfaatan lemak untuk baking-nya. Lemak di sini umpamanya mentega, margarin, atau minyak. Nah, cupcake kebanyakan gunakan mentega atau margarin biar teksturnya lembut serta padat. Muffin biasa memanfaatkan mentega atau minyak sayur seperti minyak zaitun atau minyak kelapa murni.

Salah satunya pembeda cupcake serta muffin yang paling ketara yakni bahan paduan. Cupcake senantiasa dibikin polos tiada isian, dan muffin dapat dikreasikan dengan beberapa tipe isian seperti buah kering, chocolate chips, kacang, atau yang lain. Akan tetapi walaupun tiada isi, cupcake senantiasa ada dalam beberapa rasa seperti vanila, coklat, red velvet, green tea, dsb.

-Dari sisi proses pengerjaan

Seperti dalam kue, pengerjaan adonan yakni soal penting untuk cupcake. Creaming di antara mentega/margarin dengan gula sangat utama dilaksanakan biar struktur adonan lembut serta tercampur rata. Kalaupun muffin, yang penting yakni bahan kering serta bahan basah bisa tercampur rata, tetapi gak butuh hingga sampai adonannya jadi lembut. Dengan demikian, mengeduk adonan cupcake memang lebih lama ketimbang adonan muffin.

Waktu pemanggangan dua dessert ini tidak serupa, lho. Kendati saatnya beda tipis, cupcake biasa dipanggang sekitar 20-25 menit dan muffin optimal 30 menit.

-Dari sisi hasil panggangan serta penyajian

Sewaktu keluarkan muffin serta cupcake dari panggangan, coba simak dua panganan ini. Cupcake tentu mempunyai ukuran lebih kecil dari muffin serta sisi atasnya memiliki tekstur halus serta lebih rapi. Sebaliknya, muffin tentu crumbly serta gak teratur. Lalu selesai dingin, cupcake dikasih frosting buttercream jadi topping dan muffin dibiarkan polos.

Nah, telah memahami bedanya? Kalaupun diperintah pilih, jujur saya gak bisa disebabkan ke dua panganan ini sama nikmatnya. Cobain muffin coklat, muffin pisang serta gak lupa cupcake coklat serta lemon. Jadinya saat membuat, sekaligus belajar memperbedakan kedua-duanya, ya. Selamat coba!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *