Apa Bedanya? Sponge Cake vs Pound Cake

program turun berat badan

Di Indonesia, cake punyai penjelasan yg ‘sedikit berbeda’ dengan kue. Kebanyakan di kita, kue persis dengan beragam jajanan pasar serta panganan kecil, dan cake persis dengan adonan loyang yg padat serta empuk.

Bicara bab cake, baked good ini pun punyai banyak ragam. Kerapkali sejumlah cake tampak seperti serta seringkali tertukar, diantaranya sponge cake serta pound cake. Dua cake ini sepintas tampak sama, namun sewaktu jadi perhatian nyatanya cukup tidak serupa. Dibanding hanya nebak-nebak, langsung baca penuturannya dibawah ini yuk!

Dari sisi struktur serta rasa.

Dibedakan dari teksturnya, ada dua model cake yg mendunia ialah foam cake serta butter cake. Dari namanya saja kita dapat menilainya kalau struktur foam cake tentunya foamy (lembut serta mudah), dan butter cake condong padat serta berat. Nah sponge cake terhitung dalam foam cake, dan pound cake terhitung dalam butter cake. Sponge cake mempunyai tekstur lembut, mudah, serta berpori besar, dan pound cake merasa padat serta berpori kecil. Itu pemicunya pound cake amat sering jadikan cake base dari kue ulang tahun sebab teksturnya lebih padat serta lebih konstan kala dihias.

Bila dari sisi rasa, sponge cake lebih mild serta mudah dan pound cake lebih kaya serta buttery. Jadi bila foam cake menang di struktur yg mudah serta lembut, butter cake menang sebab rasa yg kaya serta dalam.

Dari sisi bahan.

Struktur sponge cake serta pound cake tidak serupa sebab berbahan pun beda. Sponge cake cuma perlu 3 bahan yaitu telur, terigu, serta gula, dan pound cake menggunakan 4 bahan: telur, terigu, gula, serta mentega. Bermakna garis besarnya, penggunaan mentega lah yg memperbedakan struktur dua cake ini. Makin banyak mentega (lemak) yg diperlukan, struktur cake dapat makin padat serta berat.

Perihal lain yg membedakannya yakni penggunaan telur jadi bahan pengembang. Sponge cake menggunakan putih telur yg dikocok kaku (meringue), dan pound cake memakai whole egg yg dikocok terlepas.

Dari sejarahnya, pound cake menggunakan bahan dengan ukuran satu pon yaitu 1 pon telur, 1 pon mentega, 1 pon terigu, serta 1 pon gula. Nah, banyakya telur dalam resep ini dia yg bikin cake dapat mengembang naik tidak dengan pertolongan baking powder atau baking soda.

Dari sisi langkah pengerjaan.

Secara prinsip, langkah pengerjaan ke-2 cake ini tidak jauh beda. Campur bahan basah serta bahan kering jadi satu adonan, tuangkan dalam loyang lalu dipanggang. Akan tetapi sebab bahan sponge cake lebih simpel, langkah penting yg tidak bisa ditinggalkan yakni memisahkan kuning telur dari putih telur. Selanjutnya, putih telur dapat dibikin meringue dan kuning telur langsung diaduk dengan bahan basah yang lain. Pound cake menggunakan mentega hingga proses creaming berubah menjadi penting. Apakah itu proses creaming? Yuk, baca di sini.

Saat ini tidak butuh bingung ya. Coba liat resep lemon cake, carrot cake, serta banana cake ini. Dalam resep ini memang jadinya pound cake, namun juga bisa dibikin versus sponge cake-nya lho. Selamat coba!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *