Cara Membersihkan dan Mengolah Cumi

Dahulu, awal-awal jadian sama bekas pacar alias suami, saya sudah pernah bertanya, “Apa makanan hoby kamu?” Ia jawab, “Cumi!”. Oh, yess… pastinya saya mesti dapat dong memproses cumi berubah menjadi masakan apa sebagai kesukaannya. Dari situlah saya mengetahui lebih dekat sama cumi, dari mulai teknik bersihkan sampai mengolahnya berubah menjadi masakan yang berlainan.

Pantas disadari, kendati memiliki kandungan protein serta cholesterol yang tinggi, akan tetapi cumi berubah menjadi satu diantaranya makanan laut yang lezat serta ringan sekali diproses. Memasak cumi tidak menghabiskan waktu yang lama: dia cepat empuk serta malah mengeras bila dibuat kelamaan. Nah, pengen tahu teknik bersihkan serta memproses cumi secara baik? Saksikan langkahnya, yuk!

1. Membersihkan tinta hitam

Ada resep masakan cumi yang perlu memakai tinta hitamnya. Akan tetapi banyak pula olahan yang tidak prima bila si tinta hitam itu tidak dibuang. Jadi sebenarnya teknik yang satu ini terkait anda dapat memproses cumi berubah menjadi apa. Bila mau dibikin oseng pedas serta pingin cicipi sensasi kuah hitam dari tinta itu, boleh-boleh saja tak usah dibuat bersih.

Akan tetapi bila cuma butuh daging cumi yang berwarna putih prima, jadi buanglah tinta hitam ini. Pegang ekor cumi selanjutnya tarik sisi kepala dari tubuhnya, dengan perlahan-lahan serta tentu. Anda dapat menyaksikan sisi kepalanya lepas disertai kantung kecil berisi si tinta hitam. Tarik perlahan-lahan kantungnya serta buang. Yesss, anda udah sukses buang si kantung tinta tanpa ada memecahkannya! Tetapi bila sudah terburu pecah serta tintanya berhamburan kemana saja, langsung guyur cumi dengan air mengalir dibawah keran. Yakinkan tinta terbilas sampai tidak bersisa.

2. Buang tulang transparan

Sesudah buang tinta hitam, ingat mengeluarkan tulang transparan yang ada di badan cumi. Memiliki bentuk mirip plastik mika yang lumayan tebal. Langkahnya amat ringan, tinggal tarik saja dari sisi pada badan (kantung) cumi serta mengeluarkan. Lalu membersihkan sisi pada badan cumi dengan air sampai bersih serta tiada lendir yang ada.

3. Buang kulit cumi

Sama dengan dengan tinta, sisi kulit cumi yang berwarna ungu ini bisa dibuang atau mungkin tidak sekalipun, terkait kepentingan memasak. Bila pingin membuangnya, anda dapat dengan ringan mengerjakannya tanpa ada pisau. Pakai tangan anda, tarik kulit dari sisi ekor ketujuan ke tubuh, sampai semua kulitnya mengelupas. Sesudah usai, seperti biasa ingat membilasnya kembali dengan air.

4. Olesi dengan asam jawa serta garam

Pemanfaatan asam jawa nyata-nyatanya lebih mujarab buat melenyapkan berbau amis dibanding dengan memakai jeruk nipis, lemon atau cuka, lho. Campurlah asam jawa serta garam sampai rata, selanjutnya lumuri sekalian remas-remas pada cumi yang udah dicuci bersih. Diamkan saat beberapa saat lalu basuh dengan air sampai bersih serta tiriskan.

5. Cumi siap diproses

Sesudah dibuat bersih, cumi lantas siap diproses berubah menjadi bermacam hidangan yang menggugah hasrat. Eits, nyata-nyatanya ada panduan terutamanya supaya hasil masakan cumi anda dapat lezat prima lho, baca seterusnya di sini. Di bawah ini, ada beberapa resep cumi lezat yang dapat meningkatkan daftar kreasi dapur anda.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *