Cara Membuat Sambal Matah dan Aneka Variasi Masakannya

Jujur, pertama-tama memandang sambal matah, saya tak tertarik sekalipun untuk menyantapnya. Soalnya, menurut saya, sambal itu ya harus diulek, bukan hanya di iris. Tetapi seusai saya mencobanya, sambal matah ini nyata-nyatanya enak sekali. Rasa-rasanya begitu enteng, fresh, serta mempunyai tekstur.

Sambal matah ini pula miliki tampilan cantik yang berwarna-warni. Sampai-sampai berkesan sukar untuk dibikin. Meski sebenarnya, tak pula lho. Tiada butuh diulek, sambal ini begitu ringan dibikin untuk dibikin sendiri.

1. Potong tipis semuanya beberapa bahan sambal

Beberapa bahan basic yang diperlukan cuma ada 4, adalah bawang merah, cabai rawit, sisi putih serai, serta daun jeruk. Ke empat bahan ini lantas di iris tipis serta halus. Karena itu, tidaklah mengherankan jika sambal matah jadi nampak dibikin dari banyak bahan.

2. Campur beberapa bahan dalam mangkok serta imbuhkan terasi masak

Beberapa bahan yang udah di iris tipis ini dimasukkan ke suatu mangkok ukuran tengah. Campur semua bahan sampai rata dengan memakai tangan. Selanjutnya, imbuhkan terasi masak serta aduk sembari dikit diremas-remas biar terasi tak menggumpal.

Terasi ini memberikannya rasa gurih serta enak pada sambal matah. Cicip dikit sambal matah yang udah di gabung terasi. Jika rasa asinnya udah cocok, anda tak perlu memberi tambahan garam.

3. Panasi minyak serta tuang ke sambal

Ada lagi bahan yang membuat sambal matah kian lezat adalah minyak. Minyak ini yakni minyak goreng biasa yang dipanaskan dengan api besar sampai terlihat bergelembung, lalu dituang ke paduan sambal. Setelah itu, aduk rata sambal serta diamkan 10 menit biar dingin.

Minyak panas dapat keluarkan rasa gurih serta ciri khas yang dipunyai oleh semasing bahan sambal. Jadi, pastinya membuat sambal matah jadi lezat, kan?

4. Berikan air perasan jeruk limau

Tidak cuman pedas, ciri-ciri dari sambal matah yakni kesegarannya. Rasa fresh ini diperoleh dari pemakaian beberapa bahan yang fresh serta air perasan jeruk limau. Seusai sambal, terasi, serta minyak tercampur rata dan suhunya turun, berikan air perasan jeruk limau sesuai kebutuhan. Lebih kurang 1 sdt saja cukup sudah. Aduk kembali sambal sampai rata serta sambal matah juga udah siap disantap.

Air perasan jeruk limau ini pula memberikannya aroma yang wangi serta meningkatkan rasa enak dari sambal matah.

5. Variasikan berubah menjadi beragam varian masakan

Sambal matah udah terasa sangat nikmat jadikan jadi sambal cocolan. Tetapi, bukan mustahil anda berkreasi dengan sambal ciri khas Bali ini. Ada beragam makanan yang pas dikreasikan dengan sambal matah:

-Ayam sambal matah

Membuat ayam sambal matah ini begitu ringan. Kuncinya yakni ayam gorengnya tak perlu kebanyakan bumbu. Biar citarasanya bersatu imbang dengan sambal matah.

Ayam diolesi dengan bawang putih halus, garam, lada bubuk, serta ketumbar bubuk. Lumuri rata serta tekan-tekan perlahan-lahan biar bumbu melekat. Diamkan lebih kurang 30 menit, lantas goreng sampai masak. Siram ayam goreng dengan sambal matah serta santap dengan nasi putih hangat.

-Sambal matah kecombrang

Bunga kecombrang udah diketahui jadi bahan penyedap beragam masakan, terpenting untuk sambal. Jadi, tak ada kelirunya kan untuk meningkatkan kesedapan sambal matah dengan paduan bunga kecombrang?

Pilih bunga kecombrang yang berwarna merah muda fresh. Lantas, potong tipis bunga kecombrang serta campur bersama-sama bahan sambal matah yang lain. Aduk sampai rata serta sambal matah kecombrang udah siap disantap.

-Ayam geprek sambal matah

Kata siapa ayam geprek cuma dapat dibikin dengan sambal bawang saja? Sekarang ini, telah banyak sekali kreasi ayam geprek dengan sambal matah serta rasa-rasanya tak kalah lezat. Teknik membuat, goreng ayam dengan balutan tepung sampai masak. Buat 1 jumlah sambal matah, lantas bagi jadi 2. Yang 1 untuk dihaluskan, yang 1 untuk taburan. Geprek ayam bersama-sama sambal matah yang dihaluskan. Tempatkan ayam geprek di piring serta taburi kembali dengan sambal matah untuk taburan.

Biarpun sebagai sambal ciri khas Bali, tetapi sambal matah nyata-nyatanya begitu pas dikombinasikan dengan makanan tidak cuman dari Bali. Seperti ikan bakar, ayam geprek, steak, salmon, bahkan juga sampai mie ayam. Jadi, tak salah kan jika kita ucapkan sambal jadi pemersatu Indonesia?

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *