Cara Membuat Sayur Asem Khas Jakarta yang Segar, Praktis, & Gurih

Dapat dikatakan, saya tidaklah terlalu suka memakan sayur. Namun, buat sayur asem itu lain narasi. Gabungan rasa asam, fresh, serta gurihnya sukses membuat saya semangat menyantapnya. Sebab tinggal di Jakarta, yang pasti saya lebih akrab dengan rasa sayur asem unik Jakarta dong. Rata-rata, saya memakan sayur asem Jakarta ini dengan nasi pulen serta lele goreng. Duh, begitu nikmat.

Sayur asem unik Jakarta miliki sejumlah keunggulan dibanding dengan sayur asem unik wilayah lain. Dimulai dengan isiannya, bumbu yg diperlukan, sampai rasa-rasanya yg lebih kaya. Jika anda belumlah sempat serta ingin coba sayur asem unik Jakarta ini, membuat sendiri yuk di dalam rumah melalui cara selanjutnya.

1. Pepaya muda serta nangka muda jadi isian unik

Jika rata-rata sayur asem gunakan labu siam jadi isian, sayur asem unik Jakarta berlainan. Sayur asem Jakarta gunakan pepaya muda serta nangka muda buat isian uniknya. Pepaya muda serta nangka muda dicuci dan dibikin bersih dahulu sampai getahnya hilang. Selanjutnya, kedua-duanya dipotong dengan tebal kira-kira 0,5 cm agar cepat empuk serta masak.

2. Haluskan semua bumbu basic

Bumbu basic dari sayur asem unik Jakarta ini merupakan bawang merah, cabai merah keriting, kemiri, serta terasi. Perbedaannya dengan sayur asem lain, sayur asem Jakarta ini gunakan kemiri yg meningkatkan kelezatan serta aroma nikmat. Terkecuali itu, bumbu basic sayur asem Jakarta diulek sampai halus. Tidak cuma di iris tipis. Karena itu, tidaklah mengherankan jika kuah sayur asem Jakarta rada lebih keruh dari sayur asem unik wilayah yang lain.

3. Rebus air bersama dengan bumbu halus serta kacang tanah

Buat sekali masak sayur asem Jakarta, anda butuh kurang lebih 1,5 liter air. Rebus air ini dalam panci bersama dengan bumbu halus serta kacang tanah yg udah dikupas. Kacang tanah ini teksturnya keras. Jadi, mesti di rebus duluan supaya dapat empuk di waktu yg sama seperti sayur. Selanjutnya, imbuhkan lengkuas yg dimemarkan serta daun salam ke rebusan air. Rebus kuah sampai mendidih serta aromanya tercium.

4. Imbuhkan potongan daging atau tetelan sapi

Jika ingin memperoleh rasa kuah sayur asem yg gurih, anda dapat mengimbuhkan potongan daging atau tetelan sapi ke rebusan kuah. Daging serta tetelan ini dipotong dadu kecil-kecil ya agar cepat empuk. Masukan daging serta tetelan bertepatan dengan lengkuas serta daun salam. Dengan mengimbuhkan potongan daging atau tetelan sapi, kuah sayur asem Jakarta bikinan anda ditanggung gurih serta lezat tidak ada duanya.

5. Masukan semua sayur, terkecuali daun melinjo

Tidak hanya pepaya muda serta nangka muda, ada sejumlah sayur lain yg diperlukan buat isian sayur asem unik Jakarta. Dimulai dengan kacang panjang, jagung manis muda, serta daun melinjo. Kacang panjang serta jagung manis mudanya ingat buat dipotong-potong buat memercepat proses pematangan.

Sesudah kuah mendidih, semua sayuran ini dimasukkan, terkecuali daun melinjo. Masak sayuran tiada butuh diaduk-aduk serta biarlah sampai masak dan empuk.

6. Imbuhkan garam, gula, serta air asam jawa

PaPsti tidak pingin dong jika sayur asem bikinan anda rasa-rasanya cemplang? Sebab itu, ingat imbuhkan bumbu penting di tiap-tiap masakan, yaitu garam serta gula. Imbuhkan garam serta gula pasir sesuai kebutuhan ke kuah sayur asem. Aduk rata serta revisi rasa-rasanya.

Tidak hanya garam serta gula, yg namanya sayur asem, pastinya mesti miliki rasa asam. Nah, rasa asam pada sayur asem unik Jakarta ini didapat dari air asam jawa. Mengambil ½ sumber daya manusia pasta asam jawa, selanjutnya larutkan dengan 100 ml air hangat. Kemudian, tuang ke kuah serta aduk sampai tercampur rata.

7. Masukan daun melinjo kali terakhir kala semua sayur udah masak

Jika semua bumbu udah dimasukkan, waktunya melihat ulang kematangan sayur, terpenting pepaya muda serta nangka muda. Teknik mengeceknya, anda dapat gunakan dukungan garpu. Bila garpu bisa ditusukkan dengan ringan, karena itu mempunyai arti sayuran telah cukup masak serta daun melinjo dapat dimasukkan.

Daun melinjo ini miliki struktur yg tipis. Jadi, cukup di masak tidak lama saja. Sesudah daun melinjo dimasukkan, aduk-aduk sayur asem kira-kira 1 menit. Selanjutnya, langsung matikan api serta sayur asem lantas siap disajikan.

Sayur asem Jakarta yg masih hangat ini begitu nikmat disantap dengan nasi serta beragam lauk. Ditambah lagi lauknya yg serba goreng seperti ayam, ikan asin, serta tahu kuning. Wah, dapat nambah terus, deh!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *