Cara Mudah Mengolah Cempedak Matang dan Cempedak Muda

Jadi buah yg berkulit tebal serta berduri, kematangan cempedak cukup susah untuk ditebak. Kalau menentukan dengan cermat, anda dapat dapatkan cempedak yg masak secara baik. Tapi, sering pula kita tertipu serta pada akhirnya menentukan cempedak yg masih cukup muda.

Memang, mendapatkan cempedak masak atau muda itu tidak ada ruginya, lho. Cempedak masak serta muda saling dapat diproses jadi masakan lezat dengan citarasa uniknya semasing.

1. Cempedak masak

Buah cempedak yg telah masak mempunyai warna menguasai kuning serta berbau menusuk. Anda dapat menyantapnya langsung jadi buah atau mengolahnya jadi bermacam sajian.

-Cara produksi

Sebelum dibuka, pukul-pukul terlebih dulu permukaan buah cempedak dengan ulekan batu. Ini memiliki tujuan untuk bikin biji cempedak lepas dari kulit. Anda tidak usah kuatir jika memukulnya begitu keras. Kulit cempedak sangatlah tebal, hingga buahnya tak kan hancur atau rusak.

Jika kulit cempedak telah merasa melunak atau mempunyai memar, potong cempedak dari pangkal ke ujung dengan pisau tajam sampai terbelah jadi dua. Lalu, tarik batang tengah yg berisi biji-biji cempedak sampai terlepas. Mengambil biji cempedak satu satu dengan cara perlahan-lahan, pisahkan daging buah dari bijinya, serta potong-potong daging buah gunakan gunting biar tidak berlepotan ke mana-mana.

-Aneka olahan

Daging cempedak masak yg sudah dipotong-potong, mulai bisa untuk diproses. Varian olahan cempedak ini lumayan banyak. Dimulai dari cake, bolu panggang, sampai cempedak goreng tepung atau gumpal tiwadak. Untuk cake serta bolu panggang, daging cempedak tinggal anda potong dadu serta tambahkan saja ke adonan. Sedang kalau digoreng tepung, potong daging buah cempedak dengan ukuran dikit besar, lalu tambahkan ke adonan tepung seperti untuk pisang goreng.

Tidak hanya dagingnya, kulit serta serat cempedak masak bisa juga difermentasikan jadi mandai. Olahan mandai ini sangatlah kondang di wilayah Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Untuk bikin mandai, kupas sisi kulit luar yg kuning serta cuma tinggal sisi putih saja. Potong sisi putih itu kurang lebih 5 cm serta tambahkan ke wadah bertutup. Tekan-tekan biar padat ke bawah, taburi garam, tuangkan air hangat, serta fermentasikan sepanjang 3 hari hingga 1 minggu. Mandai yg telah dipanen dapat anda suwir-suwir serta tumis dengan bermacam bumbu.

2. Cempedak muda

Jika anda salah beli cempedak yg masih terhitung muda, jangan cepat-cepat membuangnya. Walaupun tidak dapat disantap langsung jadi buah, cempedak muda dapat anda olah jadi bermacam sajian lezat.

-Cara produksi

Bakar cempedak muda di atas kompor dengan api besar. Bakar saja cempedak dengan cara utuh bersama-sama kulitnya tidak dengan butuh dikupas atau dipotong. Cempedak muda yg dibakar ini nanti dapat mempunyai aroma yg lebih ciri khas serta rasa lebih nikmat.

Seusai seluruhnya permukaan kulit cempedak menjadi hitam, kupas kulitnya seperti kupas mangga. Lalu, potong-potong cempedak sama dengan hasrat, basuh bersih, serta olah jadi masakan yg anda mau.

-Aneka olahan

Jika cempedak masak banyak diproses jadi makanan manis, cempedak muda malahan nikmat diproses jadi makanan gurih. Misalnya yaitu gulai, sayur santan, serta digoreng kering seperti sukun. Untuk gulai serta sayur santan, anda tinggal ikuti resep gulai nangka muda saja, lalu ganti nangka muda dengan cempedak muda. Sesaat untuk digoreng kering, rendam potongan cempedak muda yg telah bersih di air bawang putih serta garam, lalu goreng sampai berwarna keemasan.

Baik cempedak masak atau cempedak muda, kedua-duanya punyai ciri-ciri semasing serta dapat diproses jadi masakan yg lezat. Sebab itu, jangan takut jika anda beli cempedak yg belum masak, lantaran masih bisa dibuat serta rasa-rasanya tidak kalah nikmat. Selamat produksi cempedak!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *