Mengenal, Memilih, dan Mengolah Daun Kacang Panjang

Lalapan berwujud sayuran rebus sebagai santapan harus di dalam rumah saya. Menyantapnya sekalian dicocol ke sambal tomat terasi yg fresh. Benar-benar nikmat. Salah satunya sayuran yg kerap disuguhi jadi lalapan ialah daun kacang panjang. Sebelumnya saya bingung, apa dapat daun kacang panjang ini dikonsumsi. Tetapi sesudah mencobanya, saya malahan tambah lebih menggemarinya ketimbang kangkung atau bayam.

Sampai kini, kita mungkin seringkali memproduksi serta makan kacang panjang saja, tanpa ada tahu jika daunnya lantas bisa juga diproses jadi sayuran hijau. Rasa-rasanya tak kalah nikmat, olahannya bermacam, serta nutrisinya lantas pula banyak.

1. Tahu daun kacang panjang

Di sejumlah wilayah, terlebih Jawa Tengah, daun kacang panjang lebih diketahui dengan nama daun lembayung. Daun kacang panjang miliki ukuran yg lebar, berakhir lancip, serta berwarna hijau tua. Selintas memang tak ada perbedaannya dengan daun-daun biasa. Akan tetapi, daun kacang panjang ini jika disentuh dapat berasa cukup kasar.

Tidak ingin kalah dengan tanaman kacang panjangnya, daun kacang panjang nyatanya cukup umum diperlukan jadi sayuran. Kandungan nutrisi dari daun kacang panjang lantas termasuk banyak. Ada vitamin A, vitamin B, karbohidrat, fosfor, serta zat besi. Memakai daun kacang panjang ini begitu direkomendasikan buat anda yg baru melahirkan atau tengah dalam waktu menyusui. Lantaran diakui bisa lancarkan keluarnya ASI.

2. Teknik menentukan daun kacang panjang

Sama dengan daun ubi jalar serta sayuran hijau yang lain, daun kacang panjang lantas biasa dipasarkan per ikat. Hingga cukup sukar menentukan daun yg bagusnya saja.

Sedikit ada panduan buat anda di dalam menentukan daun kacang panjang yg bagus. Waktu dapat beli daun kacang panjang, coba raba perlahan-lahan permukaan daunnya. Putuskan ikatan yg punyai daun dengan permukaan lembut terbanyak. Lantaran daun yg permukaannya tidaklah terlalu kasar ini tanda-tanda masih terbilang muda serta berasa lembut waktu dibuat.

3. Memproduksi daun kacang panjang

Daun kacang panjang yg telah dibeli, lantas diambil satu demi satu daunnya dari batang, cuma karena sisi daunnya saja yg dapat dibuat. Mengambil daun yg masih terbilang muda saja. Kebanyakan, teksturnya tidaklah terlalu kasar serta ada pada bagian pucuk-pucuk. Lalu, daun-daun itu butuh dicuci dahulu agar tak ada kotoran yg melekat.

Daun kacang panjang ini dapat diproses mestinya kangkung, daun ubi jalar, serta daun singkong. Yakni digodog sesaat dengan garam serta jadikan lalapan bersama dengan sambal. Diluar itu, daun kacang panjang bisa juga jadikan gabungan urap serta yg paling umum yakni dibuat bobor atau kuah santan.

Bobor daun kacang panjang atau bobor lembayung ini cukup populer di wilayah Purwokerto serta sekelilingnya. Daun kacang panjang digodog bersama dengan santan serta bumbu halus, seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, dan ketumbar. Anda lantas dapat memasukkan petai, labu siam, atau tempe ke sayur bobor agar kian lezat.

4. Menyimpan daun kacang panjang

Sayuran seperti daun kacang panjang memang baiknya langsung dibuat buat dapatkan kesegaran serta nutrisi terunggul. Akan tetapi, jika ada sejumlah yg pingin disimpan, biarlah saja berbentuk ikatan. Potong sisi akarnya, lantas daun kacang panjang dicuci bersih. Sebelum disimpan, daun kacang panjang harus serius kering, ya. Bungkus daun kacang panjang dengan serta taruh dalam kulkas sisi bawah pribadi sayuran. Daun kacang panjang dapat tahan 2 sampai 3 hari.

Temukan daun kacang panjang tidaklah terlalu sukar. Anda lantas dapat beli serta mengolahnya setiap waktu. Hitung-hitung jadi macam santapan sayuran di dalam rumah agar tak suntuk serta nutrisinya lantas lebih banyak ragam.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *