Mengenal, Memilih, dan Mengolah Kecipir

Saya cukup seringkali dengar sayuran bernama kecipir. Tapi, pada akhirnya saya baru menyaksikan bentuk dari kecipir itu seputar 2 minggu yang lampau, waktu temani ibu ke pasar. Dahulu saya sangka kecipir mempunyai bentuk seperti dengan kacang kapri. Nyata-nyatanya, beda sekali! Kecipir ini ukurannya panjang serta seperti punyai ‘sayap’ di tiap-tiap sisinya.

Saling terhitung grup polong-polongan, kecipir belum seterkenal buncis serta kacang panjang buat diproses. Tapi, kecipir dapat jadikan pilihan buat hidangan sayur harian lantaran kandungan nutrisinya yang cukup kaya. Buat rasa, tak perlu dikuatirkan. Kecipir yang bagus bakal punyai struktur renyah serta rasa yang manis waktu disantap.

1. Apa yang dimaksud kecipir?

Kecipir sebagai type tumbuhan menjalar. Buahnya masuk ke grup polong-polongan berbarengan kacang panjang serta buncis. Bentuk dari kecipir ini sangatlah unik. Lumayan panjang serta punyai sayap seperti belimbing di ke-4 sisinya. Jadi, ringan untuk kita buat mengetahui kecipir dibandingkan sayuran yang lain.

Hampir seluruhnya sisi tanaman kecipir ini dapat diproses jadi makanan. Dimulai dari daun, umbi, polong, bahkan juga sampai bijinya yang rada tua. Kandungan nutrisinya lantas lumayan banyak. Sisi polongnya kaya vitamin A, vitamin C, zat besi, serta anti-oksidan. Sesaat sisi bijinya kaya sekali dengan asam amino serta protein. Kecipir ini termasuk juga sayuran yang rendah kalori, cuma punyai seputar 45-50 kalori saja per 100 gramnya. Pas sekali buat anda yang sedang mengawasi skema makan serta berat tubuh.

2. Teknik pilih kecipir buat diolah

Sisi kecipir yang terbanyak dipasarkan serta diproses yakni polongnya, adalah sisi yang panjang serta bersayap. Buat mengolahnya, seharusnya anda pilih polong yang masih terbilang muda. Lantaran bijinya masih kecil serta teksturnya renyah, tak keras.

Polong muda yang bagus biasa dipanen pada umur 80-120 hari. Teknik tahu, anda dapat menyaksikan dari ukuran panjang, lebar, serta warnanya. Pilih polong muda yang mempunyai ukuran panjang seputar 15-25 cm, seukuran buncis, punyai lebar 2,5 cm, berwarna hijau muda, serta tak ada warna kuning yang ada. Cukup ringan, kan?

3. Memproduksi kecipir

Jadi makanan, kecipir terhitung ke type sayuran. Jadi, teknik mengolahnya lantas sama dengan sayuran umumnya: di rebus, dikonsumsi mentah, serta ditumis.

Sebelum diproses, kecipir dicuci serta dipotong-potong dahulu sesuai dengan keperluan. Buat dikonsumsi mentah, anda dapat memangkas kecipir jadi 2 atau 3 sisi serta jadikan lalapan berbarengan sambal terasi. Buat di rebus, kecipir dapat dipotong serong kecil-kecil. Kecipir rebus ini setelah itu biasa disediakan buat sayuran pada urap atau pecel.

Dari 3 teknik mengolahnya, kecipir kerap diproses secara ditumis. Kecipir dipotong serong kecil serta tipis, setelah itu ditumis berbarengan bawang putih, bawang merah, serta cabai merah. Anda dapat memberi tambahan beragam bahan lain buat macam tumisan kecipir ini. Sejumlah bahan yang umum digabung pada tumisan kecipir yakni sosis, bakso, tauge, udang, serta tempe.

Kecipir memanglah belum terlampau popular buat diolah serta disediakan jadi hidangan sesehari. Tapi, tak ada kelirunya bila anda mulai memakai kecipir jadi sayuran. Kecuali buat macam, anda bisa juga memperoleh beraneka nutrisi yang baik buat badan.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *