Mengenal Roux: Pengertian, Jenis, Cara Membuat, dan Kegunaan

program turun berat badan

Kala menyaksikan resep buat bikin sup atau bermacam saus di internet, saya kerap menemukannya “roux” di satu diantaranya daftar bahan. Suatu bahan yg saya tidak familiar serta membuat saya ingin tahu. Selesai cari info di banyak sumber, selanjutnya saya kenal jika roux ini yakni bahan basic untuk mengentalkan sup serta saus.

Dari tulisan ujarnya, kita dapat tahu jika roux tidak datang dari Indonesia. Roux sebagai warisan kuliner Perancis serta usianya udah lebih dari 300 tahu. Tua sekali, ya? Jadi bertambah ingin tahu ingin tahu roux lebih jauh, teknik membuat, serta manfaatnya dalam memasak.

1. Apakah yang dimaksud roux?

Roux (dibaca: “ru”) sebagai bahan basic yg memiliki fungsi jadi pengental. Roux dibikin melalui langkah memasak tepung serta lemak sampai berbau mentah tepung menghilang dan warnanya berganti kekuningan. Rata-rata, roux yg udah masak dipakai untuk bahan basic pengerjaan saus, saus pasta, serta sup cream.

Pada rasio rumah tangga, lemak yg biasa dipakai buat bikin roux datang dari mentega atau margarin. Dengan memanfaatkan roux jadi bahan basic, struktur masakan tambah lebih konstan, lembut, kental, serta tidak mempunyai rasa dan aroma tepung mentah.

2. Beberapa jenis roux

Ada 3 type roux yg umum dipakai pada proses memasak:

-White roux

White roux yakni type yg paling basic. Proses membuatnya pun memerlukan waktu paling singkat, yaitu 5 menit saja, sampai berbau tepung mentah menghilang. White roux mempunyai warna putih yg dikit pucat kekuningan. Rata-rata, white roux ini dipakai buat bikin masakan yg milk-based sauce atau saus memiliki bahan basic susu, seperti macaroni ‘n cheese serta carbonara.

-Blond roux

Secara prinsip, blond roux sebagai white roux yg dibuat lebih lama, kira-kira 20 menit. Serta lantaran dibuat lebih lama, blond roux jadi mempunyai warna yg keemasan. Kala dibuat, blond roux keluarkan aroma harum yg serupa dengan popcorn atau roti panggang.

Blond roux ini yakni type roux yg seringkali dipakai lantaran aromanya enak, mengentalkan secara baik, serta berikan paduan warna yg cantik. Blond roux biasa dipakai buat bikin masakan yg stock-based atau memiliki bahan basic kaldu, seperti sup cream serta kari Jepang.

-Brown roux

Brown roux yakni type roux yg memerlukan waktu paling lama untuk membuat, yaitu kira-kira 35-40 menit. Brown roux mempunyai warna cokelat yg cantik, mirip selai kacang. Aromanya juga cukup serupa dengan aroma kacang yg dibuat. Sayangnya, kebolehan mengentalkan brown roux ini termasuk rendah ketimbang lainnya, sampai cukup jarang-jarang dipakai.

3. Teknik membuat roux

Tulisan serta teknik membaca “Roux” memang elok dan berikan kesan-kesan yg ruwet. Meski sebenarnya, nyatanya teknik membuat roux ini cukup simpel, lho. Bahan yg dibutuhkan cuma 2, ialah tepung terigu serta lemak. Untuk rasio rumah tangga, saya anjurkan lemaknya cukup gunakan mentega saja. Pemakaian tepung serta mentega ini baiknya 1:1 dalam unit ukur berat. Jadi, untuk 100 gr tepung, pakai 100 gr mentega.

Pertama, panasi mentega di atas wajan serta api tengah sampai mencair. Lalu, imbuhkan tepung serta aduk-aduk perlahan-lahan dengan terus-terusan. Anda dapat memanfaatkan sendok kayu biasa untuk mengaduknya. Tetapi untuk hasil yg lebih lembut, baiknya memanfaatkan whisk saja. Waktu memasak roux dapat anda cocokkan dengan type apa yg akan dibikin; 5 menit untuk white roux, 20 menit untuk blond roux, serta 35 menit untuk brown roux. Jika udah masak, anda langsung dapat memakainya atau disimpan dalam wadah tertutup serta tambahkan ke kulkas.

4. Manfaat pada masakan

Roux banyak dipakai dalam masakan western, khususnya masakan Perancis. Rata-rata, untuk bahan basic sup, saus pasta, atau saus steak. Pada masakan-masakan itu, roux memiliki fungsi jadi agen pengental yg dapat membuat masakan jadi lembut, mempunyai warna yg cantik, serta yang pasti punyai struktur kekentalan yg baik.

Pemakaian roux sendiri masih amat jarang-jarang dalam masakan ciri khas Indonesia. Rata-rata cuma dipakai kala membuat sup cream, saus kental untuk pasta serta steak, dan ragout untuk isian risoles atau bitterballen. Diluar itu, di beberapa negara Asia, terhitung Indonesia, roux ini pula diubah jadi water roux atau tangzhong yg dipakai jadi starter buat bikin roti, donat, atau pizza.

Water roux dibikin melalui langkah memasak air, gula, mentega, serta tepung jadi satu, sampai teksturnya lebih cair dari roux asli. Ketaksamaan ke-2 type roux ini berada di kegunaannya. Roux asli dipakai jadi pengental, dan water roux dipakai jadi bahan pelembut.

Nah, itu sepintas mengenai roux, agen pengental yg datang dari Perancis. Anda sudah membuat atau belum? Jika belum, tidak ada kelirunya lho untuk coba membuat serta memakainya kala memasak sup atau saus. Mudah-mudahan info di atas mendukung, ya.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *