Teknik Mengasah Pisau Supaya Tajam dan Tahan Lama

Satu diantara hal yg kerapkali bikin semangat memasak saya hilang ialah pisau tumpul. Proses memangkas akan berasa sukar, lebih lama, serta hasilnya lantas tidak rapi. Karena itu, umumnya saya tetap sedia batu asah kala akan memotong-motong bahan makanan. Jadi, kalaupun berasa tumpul, saya langsung dapat mempertajam pisau sampai tajam kembali.

Mempertajam pisau nyata-nyatanya tidak cuman menggosok atau menggesek saja. Anda butuh kuasai tekniknya agar pisau tajam secara baik serta lebih bertahan lama.

1. Basahi batu asah dengan air

Sebelum diperlukan, batu asah anda seharusnya basahi dahulu dengan air. Dalam kondisi basah, permukaan batu asah akan terlumasi serta mempermudah anda buat menggesekkan pisau pada batu. Jauhi gunakan minyak pelumas. Lantaran, bisa tutup pori-pori batu asah. Buat kelembaban yg lebih baik, batu asah dapat di rendam dahulu pada air sepanjang 30 menit.

2. Asah dengan kemiringan 10-20 derajat

Kalaupun memandang mata pisau secara baik, anda akan sadar kalaupun sisi itu tidak rata. Tetapi mengerucut, hingga terbuat sisi yg tajam. Karenanya, kala diasah, pisau lantas tidak bisa dalam kondisi rata.

Letakkan pisau dalam tempat tertidur di atas batu asah. Lalu, angkat pisau dikit kira-kira 10-20 derajat buat menyamakan sisi yg mengerucut, sebab sisi tersebutlah yg butuh diasah.

3. Asah dengan searah ke bawah

Mau membuat pisau tajam serta simetris, anda mesti mengasahnya mengarah yg terbalik dari arah umumnya memangkas. Nah, berkaitan arah memangkas umumnya ke depan atau atas, jadi kala diasah, pisau ditarik mengarah bawah. Tarik dengan searah serta konsentrasi pada satu segi lebih dahulu sebelum menajamkan segi satunya. Kasih dikit desakan agar mata pisau terkikis secara baik.

Butuh jadi perhatian, jangan mempertajam pisau dengan bolak-balik. Kelak, pisau malahan akan cepat tumpul.

4. Cukup 5-7 kemungkinan

Umumnya, kita tidak paham mesti mempertajam tiap-tiap segi mata pisau itu hingga sampai kapan sampai tajam. Hasilnya, kita tiada henti mempertajam serta membolak-baliknya sampai rasakan sangat percaya kalaupun pisau telah tajam .

Nyata-nyatanya, tiap-tiap segi mata pisau cuman perlu diasah kira-kira 5-7 kemungkinan. Jumlahnya itu sudahlah cukup bikin mata pisau jadi tajam serta siap diperlukan. Anda dapat juga memeriksa mata pisau, apa telah terbuat burr atau garis-garis sisa asahan yg kasar. Kalaupun telah, tanda-tanda pisau sudahlah cukup tajam.

5. Basuh bersih pisau selesai diasah

Mata pisau yg telah diasah mesti dicuci dahulu sebelum diperlukan memangkas. Sisa asahan serta sisa-sisa permukaan batu asah yg ketinggal bisa menimbulkan bakteri. Yang pasti benar-benar bahaya kalaupun hingga sampai masuk pada makanan. Selesai dicuci bersih, keringkan mata pisau dengan tisu atau lap dapur hingga sampai kering.

Buat mengetes ketajaman pisau yg baru diasah, pakai kertas serta coba potong kertas itu. Jangan terkadang pastikan ketajamannya dengan menarik ujung jari dipinggir pisau. Sebab kelak jari anda dapat teriris.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *