Tips Menghilangkan Noda Kuning Dari Kunyit

Nasi kuning satu diantara santapan nasi idola saya. Waktu sekolah dahulu, saya seringkali memohon ibu untuk bikin nasi kuning. Rasa-rasanya yang gurih memang senantiasa merayu. Diluar itu, nasi kuning pas diberikan dengan beberapa ragam lauk. Akan tetapi ada satu halangan yang cukup mengesalkan. Tangan serta perlengkapan masak bisa menguning lantaran harus memasak kunyit. Udah membekas, noda kuningnya lantas susah di hilangkan. Jika anda pun jengkel lantaran noda kuning ini, yuk baca tehnik membersihkannya dibawah ini!

1. Menyingkirkan noda di perlengkapan masak

Memarut atau memangkas kunyit tentunya tinggalkan noda kuning di pisau atau parutan. Untuk menghilangkannya, mengambil seruas lengkuas, potong dikit, lalu gosokkan pada noda kuning di pisau serta parutan. Selanjutnya, basuh dengan sabun seperti biasa serta basuh sampai bersih. Bukan hanya pisau serta parutan, langkah barusan cukup ampuh untuk perlengkapan masak dari stainless steel yang lain.

Apabila tiada lengkuas di dalam rumah, anda juga dapat gunakan baking soda. Bikin pasta dengan mencampurkan baking soda serta air sesuai kebutuhan, lalu gosokkan pada noda kuning di perlengkapan masak. Pakai langkah barusan untuk bersihkan noda pada jus.

2. Menyingkirkan noda di tangan serta kuku

Noda kuning di tangan serta kuku memerlukan waktu lama untuk hilang. Sudah pasti rasa-rasanya jengkel lantaran tangan tampil kekuningan serta tak bersih. Tetapi tenang, anda dapat menghilangkannya dengan minyak kayu putih, minyak zaitun, atau minyak jarak. Tekniknya, tuang satu diantaranya minyak di atas ke tangan anda. Gosok perlahan-lahan ke dua tangan anda, khususnya yang terserang noda kuning. Selanjutnya gosokkan tangan dengan handuk atau kain hangat. Untuk noda kunyit di kuku, campur air jeruk lemon dengan baking soda sampai membuat pasta. Gosokkan ke kuku dengan sikat gigi sampai noda hilang.

3. Menyingkirkan noda di baju atau kain

Sewaktu memasak opor ayam, kuahnya tak menyengaja terciprat ke baju. Atau sedang mengiris kunyit, tidak dengan sadar mengelap tangan ke kaus. Persis seperti perlengkapan masak serta kulit tangan, noda kuning pada baju susah di hilangkan. Biar tak permanen, noda kuning itu harus selekasnya diselesaikan. Basuh sisi baju yang terserang noda kuning dengan air dingin. Campur baking soda, air hangat, serta cuka sampai membuat pasta, lalu poleskan di bagian noda di baju. Gosok baju lewat cara perlahan-lahan serta diamkan 10-15 menit. Basuh dengan air dingin .

Trik yang lain dengan sabun basuh piring. Basuh noda di baju dengan air dingin, poleskan sabun basuh piring di bagian noda. Diamkan saat 30 menit lalu basuh dengan air dingin. Paling akhir, poleskan sisi noda dengan cuka putih serta basuh pakaian seperti biasa.

Jika sudah ketahui trik membersihkannya, anda gak butuh takut dengan noda kuning ya! Kunyit miliki aroma yang ciri khas serta dapat menyedapkan makanan. Jadi sayang sekali apabila harus melepaskan ayam goreng lengkuas, nasi goreng kuning, gulai tunjang, serta bothok lantaran takut nodanya gak hilang. Selamat coba!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *