Tips Menyimpan Santan Agar Awet

Warga Indonesia memang gak dapat hidup tanpa ada santan. Karenanya bahan ini hampir tetap digunakan buat memasak lauk sampai pencuci mulut. Beberapa masakan seperti rendang, mangut, serta gulai kambing tentu tidak nendang tanpa ada santan, begitu pula es cendol, kue lumpur, serta serabi. Karena amat utamanya, kita pasti pula berinisiatif buat persediaan di dalam rumah, ya. Tetapi berhati-hati menyimpannya lantaran bahan dari kelapa ini riskan rusak. Salah dikit, santan dapat langsung basi, lho. Jadi, bagaimana teknik menyimpannya supaya terus fresh? Cek this out!

-Menyimpan santan fresh

Hasil masakan tentunya lebih mantap jika gunakan bahan fresh, ya. Tetapi kesegaran ada juga batasnya, nih, ditambah lagi jika tidak disimpan dengan pas. Kualitas santan fresh terunggul dapat dirasa jika langsung diolah sesudah dibeli. Nah jika gak cepat diolah, tambahkan ke almari pendingin atau freezer. Santan fresh dapat tahan di almari pendingin sepanjang 3-4 hari. Metodenya, tambahkan santan ke wadah kedap udara serta kering, lalu taruh dalam kulkas.

Jika ingin tahan satu bulan, taruhlah dalam freezer. Awal kalinya, panasi santan fresh serta taburi dikit garam. Nantikan sampai meletup-letup lalu dinginkan kemudian. Ingat, jangan aduk santan sepanjang proses pendinginan. Karena, bakteri di udara akan langsung mengakibatkan kerusakan santan. Nah sesudah dingin (suhu area), tuangkan santan dalam wadah kedap udara serta kering. Berikan cap tanggal pada wadah serta tambahkan dalam freezer. Oh iya, santan juga dapat dimasukkan ke kantung plastik kecil, lho. Jadi jika kapan waktu harus gunakan, wadah santan tidak usah dibuka-tutup supaya gak cepat basi.

Santan tentunya akan membeku dalam freezer. Jadi jika mau diperlukan, ganti dahulu ke sisi almari pendingin atau chiller sepanjang 24 jam. Jangan membuka wadah penyimpanannya, ya, lantaran santan dapat terkontaminasi suhu serta udara kulkas. Lebih , santan bisa menyerap berbau kalau ditempatkan dekat makanan beraroma seperti bawang putih. Pastinya anda gak ingin masak santan rasa bawang putih, kan?

-Menyimpan santan paket

Santan paket lebih tahan dibanding santan fresh. Tetapi mutunya memang gak sebagus santan fresh lantaran telah lewat proses pabrik. Nah, santan paket yang masih tersegel aman disimpan dalam suhu area. Santan ini tahan hingga sampai batas tanggal kadaluarsa. Jika telah dibuka, cepat alihkan ke wadah kedap udara atau plastik, lalu taruh dalam kulkas. Selekasnya perlukan santan ini sebelum 2 minggu.

Praktis serta gampang, kan? Tidak cuman santan, perlu juga buat tahu teknik menaruh makanan bersantan tersisa. Yuk, baca di sini supaya gak salah langkah. Selamat coba!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *