Urutan yang Tepat Memasukkan Sayur ke Dalam Masakan

Sempat memasak sajian sayuran tetapi sayurnya tidak masak rata? Umumnya kerap berlangsung waktu masak sup. Wortelnya belum masak tetapi buncis, tomat, serta kubisnya telah layu. Bila alami perihal ini, bisa saja anda salah barisan waktu masukkan sayuran ke masakan.

Masukkan sayuran sesuai dengan barisan waktu memasak dibutuhkan agar semua sayur masak bertepatan serta rata. Sampai-sampai, rasa masakan juga kian nikmat. Barisan masukkan sayuran ini cukup gampang dimengerti. Diawali dari sayuran yg teksturnya paling keras serta dikit kandungan air, sampai sayuran hijau yg condong cepat layu serta masak.

1. Labu kuning

Labu kuning atau labu parang sebagai satu diantara sayuran yg waktu memasaknya paling lama. Teksturnya begitu keras waktu mentah. Dengan demikian, labu kuning mesti menjadi sayuran yg dimasukkan kali pertama ketimbang sayuran lain.

Proses memasak labu yg paling cepat yakni dengan di rebus. Itu juga butuh waktu kurang lebih 15-20 menit untuk empuk. Sebelum di rebus, labu kuning harus juga dipotong-potong dadu lebih dahulu, paling tidak dengan ukuran 5×5 cm.

2. Wortel

Sayuran yg satu ini telah diketahui miliki struktur yg keras. Bahkan juga untuk memotongnya saja, anda dibutuhkan pisau yg betul-betul tajam. Dengan demikian, wortel mesti jadi sayuran yg di masak diawalnya sebab butuh waktu lama agar teksturnya empuk serta masak.

Wortel biasa di masak dengan di rebus serta ditumis. Untuk di rebus, wortel yg dipotong setebal 1 cm mwmbutuhkan waktu 10-15 menit untuk empuk. Dan kalau ditumis, wortel yg dipotong korek api butuh waktu kurang lebih 7-9 menit serta 5-7 menit untuk wortel mempunyai ukuran dadu kecil.

3. Kentang

Waktu masak kentang serta wortel sesungguhnya hampir serupa. Apabila di rebus, kentang juga butuh waktu kurang lebih 10 menit untuk empuk serta masak. Jadi, umumnya kisaran waktu untuk masukkan wortel serta kentang juga tidaklah terlalu jauh. Bila wortel telah di masak kurang lebih 2 menit, anda dapat masukkan kentang. Janganlah lupa untuk memangkas kentang lebih dulu, ya.

4. Labu siam

Labu siam miliki struktur yg hampir menyerupai dengan kentang waktu disantap. Tetapi waktu memasaknya relatif lebih singkat sebab kandungan airnya semakin banyak. Waktu di rebus, labu siam butuh waktu 5-7 menit untuk masak.

Bila anda memasak sayur asam, labu siam ini yakni sayuran pertama yg dimasukkan. Untuk labu siam tumis, waktu memasaknya bertambah cepat yakni kurang lebih 4 menit saja, sebab potongannya lebih kecil serta tipis.

5. Brokoli

Biarpun terhitung sayuran hijau, brokoli miliki batang yg cukup tebal. Sampai-sampai, proses memasaknya juga butuh waktu yg lebih lama, yaitu kurang lebih 7 menit.

Bila anda mau memasaknya jadi sup, masukan brokoli pas selesai wortel 1/2 masak, ya.

6. Jagung

Jagung biasa di masak dengan bentuk yg berlainan. Langsung bisa di masak 1 tongkol, dipotong-potong bundar, atau dipipil bijinya. Sebab berlainan, waktu masaknya juga ikut mengatur. Untuk jagung tongkol yg dipotong bundar, umumnya butuh waktu 6-7 menit sampai masak. Jadi, dapat dimasukkan pas selesai brokoli. Dan untuk jagung pipil fresh, cuma habiskan waktu 3 menit saja sampai masak serta dapat dimasukkan beserta tomat atau buncis.

7. Buncis

Buncis terhitung sayuran yg cepat masak yakni kurang lebih 3 menit. Sampai-sampai dapat dimasukkan dalam tempo bersisihan dengan sayuran hijau. Bila di masak jadi cap cay, masukan buncis selesai brokoli 1/2 masak.

Selain itu, bila di masak jadi isian sup sayuran, buncis dimasukkan pas selesai jagung.

8. Tomat

Tomat sesungguhnya lebih sehat apabila dikonsumsi mentah. Tetapi, ada sekian banyak olahan sayuran yg memang lebih tambah nikmat dengan penambahan tomat, seperti tongseng serta sup sayuran. Untuk tongseng, tomat dimasukkan kurang lebih 1 menit sebelum kubis.

Dan untuk sup sayuran, tomat dapat dimasukkan selesai wortel dapat ditusuk dengan garpu. Tetapi, jangan masak tomat makin lama, ya. Optimal 3 menit saja agar tidak layu serta hilang nutrisinya.

9. Sayuran hijau serta kubis

Anda sudah pasti tahu bila sayuran hijau tidak bisa di masak makin lama. Nutrisi sayuran hijau bisa lekas hilang bila kelamaan terserang panas dengan cara langsung. Dengan demikian, sayuran hijau seperti bayam, sawi, serta kangkung mesti dimasukkan paling akhir ke masakan. Memasaknya juga cukup sesaat saja, kurang lebih 2 menit sampai daun tampak lemas.

Biarpun tidak terhitung sayuran hijau, tetapi kubis baiknya dimasukkan paling akhir ke masakan. Terlebih, waktu kubis di iris tipis-tipis. Kecuali sebab cepat masak, kubis yg memiliki tekstur renyah pasti lebih nikmat untuk disantap, kan.

Selesai tahu urutannya, jangan sempat salah , ya. Memasak sayur dengan barisan yg pas bisa membuat sajian anda berasa kian nikmat sebab semua masak dengan rata. Selamat memasak!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *